PAIF Kota Magelang Berikan Layanan Rohani Bagi Pasien Rumah Sakit

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang (Humas) – Penyuluh Agama Islam Kementerian Agama Kota Magelang berikan bimbingan rohani, pembinaan mental dan pencerahan spiritual untuk pasien rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tidar Kota Magelang Jl. Tidar No. 30 A Kemirirejo, Kecamatan Magelang Tengah Kota Magelang, Rabu (14/10/2023). Kegiatan ini menjadi program khusus Penyuluh Agama Islam dalam pembinaan umat.

“Kami berkunjung rutin ke rumah sakit untuk berikan bimbingan rohani kepada pasien untuk berikan pengetahuan keagamaan dan semangat agar pasien tetap sabar dan tawakal atas ujian sakit yang dideritanya,” ujar Shanti Maharanti Ketua Pokjaluh Kota Magelang.

Ia juga menyampaikan mengenai prosedur pemberian bimbingan rohani untuk pasien sesuai SOP yang ada. Para penyuluh bisa langsung menemui pasien di bangsal inapnya, selain itu juga dapat berikan bimbingan rohani kepada keluarga pasien yang membutuhkannya.

“Disamping berikan bimbingan rohani dibidang keagamaan, penyuluh juga akan diberikan motivasi dan nasehat yang tujuannya agar pasien tetap optimis dan berjuang untuk kesembuhannya,” jelas Shanti kemudian.

Layanan bimbingan rohani kepada pasien oleh penyuluh agama ini merupakan buah kerjasama antara Kementerian Agama Kota Magelang dengan pihak rumah sakit. Hal ini dimaksudkan agar pasien mendapatkan keikhlasan, kesabaran, ketenangan dan motivasi untuk kesembuhannya. (MK/HS/bel)