Pastikan Kesiapan Asesmen Bakat Minat, Kakankemenag Kab. Pekalongan Kunjungi Madrasah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kab.Pekalongan (Humas) — Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pekalongan, Imam Tobroni melakukan kunjungan ke MTsN 2 Pekalongan dalam rangka monitoring persiapan pelaksanaan Asesmen Bakat dan Minat (ABM) siswa MTs di tahun 2024 pada Selasa (13/2/2024).

Kunjungan langsung ini untuk memastikan madrasah benar-benar siap melaksanakan ABM yang tahun ini baru diterapkan di jenjang MTs dan diperuntukkan khusus bagi siswa kelas 9 (kelas akhir), oleh Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI. Kabupaten Pekalongan alhamdulillah 100 persen MTs akan melaksanakan ABM ini.

Dalam arahannya Imam Tobroni menyampaikan ABM bertujuan untuk memberikan informasi ke siswa, sekolah/madrasah serta orang tua mengenai potensi siswa pada bidang-bidang khusus. Harapannya dapat membuat arah pengembangan diri siswa lebih jelas dan terencana, sehingga mempermudah pilihan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Adapun aspek yang dinilai meliputi minat dasar, minat metodis dan minat praktis, sedangkan aspek bakat terdiri atas bakat verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanika, bahasa dan klerikal.

“Hasil pantauan persiapan pelaksanaan ABM di MTsN 2 ini berlangsung aman, tertib dan terkendali, kami berharap tujuan dan manfaat ABM tersebut dapat dicapai dengan maksimal,” tutur Imam Tobroni.

Menjelang pelaksanaan simulasi, Kepala MTsN 2 Pekalongan Imam Sayekti menyampaikan keikutsertaan peserta didik dalam ABM mencapai 100%. Pelaksanaan ABM di MTsN 2 sendiri memilih tanggal 19 s.d 22 Februari 2024. (Kdr/MTb/bel)