Pawai Ta’aruf HSN Secang Dimeriahkan Ribuan Santri

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Pawai ta’aruf LPQ dan Madin se-Kecamatan Secang menjadi puncak rangkaian peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2022 pada hari Minggu, (23/10/2022). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI), Badan Koordinasi Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (BADKO LPQ), dan Forum Komunikasi Diniyah Ta’miliyah (FKDT).

Pawai ta’aruf dimulai dari Patal Secang dan dilepas langsung oleh H. Muhammad Misbahul Arifin (Direktur Patal Secang) dengan rute melewati Sumber Agung, Karangmalang, Depok, Pucang, Candiretno, dan finish berakhir di Lapangan bola Pancuranmas. Peserta pawai terdiri dari 60 lembaga  (50 TPQ dan 10 Madin) dengan 120 unit mobil, odong-odong dll. Dan jumlah santri berkisar 1500an didampingi Ustadz dan Ustadzah guru mengaji masing-masing.

Bertempat di Lapangan sepak bola Pancuranmas pawai berakhir sekaligus dilanjutkan dengan acara pengumuman lomba-lomba seminggu sebelumnya. Disambut dengan tampilan Drumband dari MI Arrosyidin Pancuranmas dan tampilan grup rebana TPQ Assalam Kalikotes Madyocondro. Hadir dalam acara tersebut Camat Secang Khoirul Anwar, S.STP,Msi, Kapolsek Secang Rinto Sutopo, SH,MH, Danramil 05 Secang Kapten Arm. Jumianto, Ketua Badko LPQ dan FKDT Kabupaten Magelang Atok Rahman Hakim, S.Hi, Kepala Desa Pancuranmas H. Yuni Puji Istiono, S.E. tokoh masyarakat seperti bapak Kyai Abdul Latif dan masyarakat., didampingi Penyuluh Agama Islam Fungsional KUA Kecamatan Secang Huril Aini, S.Hi, dan para penyuluh agama islam non PNS Ahmad Musyafa, Nurul Yakin, Syamsudin, Supri Riyadi, Muhammad Muaffan, Muhsin Achmad, Subhan Asri, dan Setya Anisa.

Acara diawali dengan pembacaan sholawat bersama dipimpin oleh bapak Kyai Abdul Latif dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Saat sambutan Ketua Badko LPQ dan FKDT Kabupaten Magelang Atok Rahman Hakim, menyemangi ribuan santri dengan yel-yel santri.

Huril Aini, Penyuluh Agama Islam Fungsional KUA kecamatan Secang sebagai koordinator panitia penyelenggara menyampaikan pengumuman lomba-lomba antar LPQ Dan Madin se-Kecamatan Secang. Mata lomba berupa lomba Pildacil (pemilihan Da’i Cilik),: Mewarnai, Kaligrafi Islam, Tahfidz (Hafalan juz Amma), Tartil (membaca Al Quran), Adzan dan doa setelah adzan dengan memberikan hadiah untuk para juara satu, dua, dan tiga.

Di akhir acara Huril Aini  menyampaikan rasa syukur rangkaian acara pawai dapat berjalan dengan lancar tertib dan aman, rasa bangga dan bahagia saat kebersamaan dengan ribuan santri yang ikut berpartisipasi. Semoga mereka menjadi generasi yang sukses berakhlakul karimah dengan pendampingan dan perjuangan para guru mengaji. Hasil Lomba ini menjadi bukti nyata bahwa para santri berprestasi dengan bakat-bakat dan bibit yang berpotensi membanggakan. Kemeriahan acara lebih lengkap dengan pembagian doorprize untuk para peserta pawai atau kirab.(FS/Sua)