Pelantikan Pengurus ROHIS SMA dan SMK Kab.Pekalongan Masa Khidmat  2022-2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kab. Pekalongan-Bertempat di Aula Kankemenag Kabupaten  Pekalongan, pada hari Kamis tanggal 24 Maret 2022 Seksi Pendidikan Agama Islam (PAI) memfasilitasi Pelantikan Pengurus ROHIS SMA dan SMK Kabupaten Pekalongan masa khidmat 2022-2023.

Kegiatan yang diikuti oleh 60 peserta tersebut dihadiri antara lain Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, Drs. H. Sukarno, M.M, Kasi PAI, Asrofi, SE, Ketua Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Kabupaten Pekalongan H. Malikin, S.Pd.I beserta jajarannya, siswa dan siswi calon pengurus Rohis serta Bapak dan Ibu guru pendampingdari masing-masing sekolah.

Pelantikan dipimpin oleh Kankemenag Drs. H. Sukarno, M.M selaku penanggungjawab Rohis Kabupaten Pekalongan dan dilanjutkan memberikan sambutan pengarahan kepada Pengurus Rohis yang baru dilantik. Dalam sambutanya Kakankemenag berpesan agar para siswa dan siswi selektif dalam mengikuti faham aliran keagamaan supaya tidak terpapar oleh pemahaman yang salah, ekstrim atau radikal. Rohis dapat menjadi wadah bagi para siswa dan siswi dalam mempraktekan moderasi beragama.

“Keberadaan organisasi Rohani Islam atau ROHIS di sekolah terutama di kalangan Sekolah Menegah Atas dan Kejuruan dinilai mempunyai fungsi yang sangat stategis dalam pembinaan keagamaan bagi para siswa. Munculnya sekte ekstrim dalam pemahaman agama perlu dicegah sedini mungkin agar tidak memapari generasi muda Islam terlebih para siswa dan siswi di Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan.” tuturnya mengingatkan.

Sementara itu H. Malikin selaku Ketua Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Kabupaten Pekalongan menyampaikan bahwa, “Rohis menjadi wadah bag isiswa-siswi untuk mengekspresikan pemahaman Islam yang moderat sebagaimana tujuan dari syariat Islam itu diturunkanya itu menciptakan rohmat bagi seluruh sekalian alam.” ujarnya.

Usai pelantikan kegiatan dilanjutkan dengan Musyawarah Penyusunan Program Kerja Rohis Kabupaten Pekalongan masa khidmat 2022-2023 yang dipimpin oleh Ketua Rohis yang baru dilantik Mohammad Bramantia Sesario dari SMA Negeri 1 Kajen dan didampingi oleh Sri Larasati, S.Ag., M.Pdi dari Pengurus AGPAII Kabupaten Pekalongan. (Fzn/Ant/bd).