Pelantikan Siaga Garuda MI Negeri Pekalongan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,– Sabtu, 5 November 2022. TEMBUS ANGKA 12, Kamis 3 Nopember 22 merupakan hari yang menggembirakan bagi gugus depan MIN pekalongan. Pasalnya pada hari itu, 12 peserta didik gudep yg dipimpin Kamabigus Hj. Siti Samsiyah, M.Pd.I itu berhasil memperoleh penghargaan SIAGA GARUDA kwarcab Kab. Pekalongan. Kegiatan itu dilaksanakan di MISS 1 Proto Kedungwuni dari pukul 08.00 sampai 16.00. Pembina gugus depan MIN Pekalongan, Efi Panca Benawati beserta pembina lainnya berusaha dengan gigih sehingga optimis bahwa peserta didiknya akan berhasil mendapat penghargaan Siaga Garuda dan ternyata benar benar terwujud. Alhamdulillah

Hj. Siti Samsiyah, M.Pd menyampikan bahwa Pramuka Garuda ialah angkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka (Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega). Pada tanggal 3 November 2022, Pramuka Siaga dari Gudep MIN Pekalongan telah dilantik sebagai Pramuka Garuda. Untuk mencapai Angkatan terakhir dari golongan Pramuka Siaga sudah melalui tahapan dan persyaratan yang harus dipenuhi, seperti :

  1. Mengajukan permohonan untuk Kwartir melewati pembina gudep
  2. mengikuti uji kelayakan mampu naik keangkatan Garuda
  3. mengikuti tes wawancara oleh tim penguji yang terdiri atas tokoh kwartir, gugus depan, guru, orang tua, dan tokohwarga.
    Dengan kerja keras dari pembina pramuka gudep MIN Pekalongan, dan tingginya minat serta kegigihan pramuka siaga untuk melewati ujian di setiap SKU dan SKP akhirnya pramuka siaga MIN Pekalongan berhasil dilantik sebagai Pramuka Garuda.
    Efi Panca Benawati, S.Pd.I, selaku pembina pramuka gudep MIN Pekalongan menyampaikan bahwa Pada dasarnya Dalam Seleksi dan Penilaian Pramuka Garuda merupakan suatu bentuk Pendidikan ,pembiasaan dan pembelajaran yang harus di lakukan oleh peserta pramuka garuda yang dapa tmenjadi pembeda dengan pramuka yang lainnya, sehingga dapat menjadi contoh dan teladan bagi mereka yang belum memulai ataupun melaksanakan kegiatan tersebut. Dengan harapan kedepan semua Pramuka Indonesia menjadi lebih baikseperti yang kita harapkan. Untuk itu sebagai Pembina Pramuka kita dituntut untuk membimbing Pramuka dalam gugus depan di pangkalan masing – masing. ( AZ/MTb/bd)