Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Mapel Matematika Madrasah Aliyah Kab. Temanggung

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – Sebagai upaya meningkatkan keprofesian guru, guru MGMP Matematika Madrasah Aliyah Kabupaten Temanggung menggelar Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang bertempat di RM. Pawon Aryo Gondo, Manding, Temanggung , Rabu (09/08).

Pelatihan PKB MGMP matematika  tingkat Madrasah Aliyah Kabupaten Temanggung dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Temanggung , H. Fatchur Rochman. Dalam sambutannya mengatakan pelatihan PKB bagi guru merupakan ajang yang tepat untuk meningkatkan kompetensi. Menurutnya pelatihan PKB ini ditujukan untuk menyedikan guru profesional yang mampu memberikan pengetahuan, keterampilan dan sikap guru dalam mengembangkan profesi keguruannya.

“Peningkatan kompetensi guru sangat penting tidak hanya dalam konteks peningkatan literasi tetapi juga merespon perkembangan teknologi sistem informasi,” tuturnya.

Beliau menyampaikan bahwa guru madrasah harus terus mengupdate keahlian, memberikan penguasaan sistem informasi dan teknologi sebagai penunjang proses kegiatan belajar dan mengajar yang menyenangkan sesuai minat siswa. Disampaikan juga tujuan kegiatan ini adalah untuk peningkatan mutu dalam tugas melayani masyarakat.

“Seperti dalam core value ASN Berahklak. Metode pembelajaran mungkin berbeda tapi pada intinya tujuannya sama seperti intruksional khusus yang nantinya mempermudah pola pikir anak dalam penyelesaian pembelajaran. PKB digagas oleh Dirjen Pendis supaya mutu sekolah bisa bersaing dalam mengelola pendidikan mapel matematika,“ imbuhnya.

Diakhir sambutannya beliau berharap dengan dilaksanakannya PKB MGMP Matematika ini, guru dapat lebih mengembangkan diri, meningkatkan kemampuan dan keprofesiannya hingga berkontribusi dalam publikasi karya ilmiah  serta menghasilkan karya inovatif terhadap kualitas pembelajaran di madrasah.

Sementara itu ketua MGMP sekaligus ketua panitia pelaksana, Kukuh Widodo dalam laporannya menyampaikan tujuan dilaksanakan kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kompetensi dalam pendidikan matematika maupun kegiatan pengajaran dan pembelajaran.

“MGMP Matematika ini diharapkan bisa menjadi sarana bagi segenap anggota MGMP untuk mengembangkan potensi diri, keterampilan dan kreativitas serta menjadi media untuk saling berbagi pengalaman, pengetahuan serta hal-hal lain yang berhubungan dengan pengajaran dan pembelajaran yang pada akhirnya bisa menjadi sumbangsih bagi kemajuan bangsa Indonesia,” tuturnya.

Kegiatan PKB MGMP Matematika ini dilaksanakan mulai tanggal 9 Agustus sampai dengan 16 September 2023 yang diikuti sebanyak 25 orang peserta yang kesemuanya merupakan guru matematika tingkat Madrasah Aliyah.(sr/rf)