Pembukaan MATSAMA MTs N 1 Kendal

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – MTs N 1 Kendal melaksanakan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun Pelajaran 2022/2023 pada Senin – Rabu, 18-20 Juli 2022. Sejumlah 348 siswa mengikuti MATSAMA hari pertama yang diawali dengan apel pagi di lapangan madrasah setempat, dilanjutkan kegiatan pembukaan yang dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal, Kasubag TU, Pengawas madrasah serta Komite Madrasah, Senin (18/7).

Kepala madrasah, Maskur menyapa para peserta didik baru dengan ucapan selamat datang dan selamat bergabung di MTs N 1 Kendal. Dirinya mengungkapan pelaksanaan MATSAMA adalah untuk mengenal lingkungan madrasah dan membentuk karakter anak-anak dengan materi yang disampaikan Bapak Ibu Guru. Selain itu, kegiatan MATSAMA bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta dan bangga belajar di madrasah.

“Alhamdulillah MTs N 1 Kendal sukses melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dan menutup PPDB sebelum waktunya karena animo masyarakat untuk menitipkan putra putrinya di MTs N 1 Kendal sangat antusias. Yang semestinya kuota kita 320 dengan masing-masing rombel 32 siswa namun terpaksa kita terima 348 siswa,” tuturnya.

Dalam masa taaruf ini siswa baru akan dikenalkan dengan hal hal yang berkaitan edukasi, cara belajar di MTs yang tentu berbeda dengan ketika dulu siswa masih duduk di tingkat dasar. Kemandirian belajar yang menjadi bagian tak terpisahkan dalam membentuk sebuah generasi perlu dibiasakan pada periode waktu tertentu agar menjadi karakter dalam diri peserta didik.

“Ketika di sekolah dasar cara belajarnya masih dibantu orangtua makan di MTs ini harus belajar mandiri dan berani menunjukan bakat yang dimiliki sebagai potensi, dimana guru harus bisa menggali potensi siwa-siswinya untuk selanjutnyna dikembangkan menjadi prestasi. Melalui pendekatan MATSAMA ini pula kreativitas siswa akan dilihat oleh guru,” demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal, Mahrus.

Usai sambutan, pembukaan MATSAMA ditandai dengan pengalungan tanda pengenal oleh Kepala madrasah kepada perwakilan siswa baru. Kegiatan MATSAMA yang dikemas santai dan menyenangkan mendapat respon antusias siswa yang begitu luar biasa. (bel/rf)