Pemilu Raya MTsN Surakarta 1

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta – MTsN Surakarta 1 mengadakan kegiatan Pemilu Raya Ketua dan Wakil Ketua OSIS Periode 2022/2023 pada  Senin (15/08/2022). Kegiatan ini diikuti oleh  seluruh siswa MTsN Surakarta 1 dan berlangsung meriah karena dalam waktu yang bersamaan digelar Pentas Seni (Pensi). Melalui kegiatan ini seluruh siswa  belajar berdemokrasi sekaligus menerapkan materi pelajaran PPKn.  Nurul Oomariyah selaku kepala madrasah  dalam sambutannya  berharap semua siswa memberikan hak pilihnya dan memilih  Ketua dan Wakil Ketua OSIS sesuai hati nurani. “Semua harus memilih, tidak boleh ada yang golput. Pilihlah Ketua dan Wakil Ketua OSIS yang visi dan misinya dapat membawa madrasah lebih baik lagi,“ jelas Nurul.

Salah satu calon Ketua OSIS tahun ini, Rayya Faiza, dari kelas 8 Sains 5 berjanji, “Visi kami adalah menjadikan siswa-siswi MTsN Surakarta 1 lebih mengedepankan akhlak mulia, kreatif, peduli lingkungan, smart,  dan juga menjadikan OSIS sebagai media untuk mengasah skill.” Visi dan misi tersebut banyak menarik perhatian para calon pemilih. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya dukungan pada pasangan Rayya – Hafiizh.

Pemilu Raya tahun ini menghadirkan 3  pasangan kandidat calon ketua dan wakil ketua OSIS.  Pasangan  kandidat nomor satu yaitu Rayya Fayza Azzahra (8 Sains 5) dan Hafiizh Miftakhul Eghar (8 Sains 6),  pasangan kedua yaitu Annisa Nur Arrayani. A (8A) dan Fathya Khanza Andini (8 Sains 4), serta pasangan ketiga yaitu Nayla Afrina Thiraz. W ( 8 Sains 5) dan Muh. Naufal Sisco. A (8 Tahfizh). ”Kegiatan hari ini merupakan pembelajaran di luar kelas. Meskipun di luar kelas, kalian tetap harus menjaga ketertiban dan kelancaran dalam berdemokrasi,” pesan Joko Susilo, Pembina OSIS.

Pilketos luring  baru kembali digelar tahun ini setelah 2 tahun vakum karena pandemi. Tidak hanya siswa kelas 7 saja yang baru mengalami pilketos secara luring, kelas 8 dan 9 juga baru mengalaminya. “Nanti kalian akan mendapatkan kertas yang ada gambar paslon (pasangan calon) kemudian tinggal coblos gambar paslon yang kalian pilih. Kalau sudah dicoblos, masukkan ke dalam kotak yang sudah disediakan panitia. Lalu, celupkan salah satu jari tangan kalian ke dalam tinta sebagai tanda sudah mencoblos,” jelas Divia Khariya, kelas  8 Sains 6. Sontak Najma, kelas 7B, berkomentar, “Ternyata caranya seperti Pemilu sungguhan, ya.”

“Kegiatan ini sekaligus pendidikan dini mengenai sistem pemilihan umum yang biasa dijumpai diselenggarakan di suatu daerah dalam ajang memilih pemimpin. Kami berharap siswa-siswi MTsN Surakarta 1 siap berdemokrasi yang sesungguhnya,” harap Emi Widoretno Guru PPKn MTsN Surakarta 1.

Pilketos tahun ini diselingi dengan Pensi oleh siswa, guru, dan PPL MTsN Surakarta 1. Saat menunggu giliran untuk mencoblos, siswa-siswi MTsN Surakarta 1 dapat menyaksikan pensi. Pensi ini sekaligus sebagai ajang menampilkan talenta – talenta hebat baik di bidang tarik suara, drama musikal, ataupun dance. Dalam kesempatan ini,  muncul talenta – talenta yang luar biasa. “Saya tidak menyangka ternyata banyak siswa madrasah yang bersuara emas.  Saya juga bangga sekali ternyata grup band dadakan yang beranggotakan guru dan siswa dapat menyuguhkan penampilan yang luar biasa,” puji Nurul Qomariyah, Kepala Madrasah. Nurul berharap semoga bakat seni siswa MTsN  Surakarta 1 akan semakin terasah di madrasah.

Raya dan Hafiizh terpilih sebagai ketua OSIS MTsN Surakarta 1 periode 2022-2023. Mereka berhasil mendapatkan 718 suara. Pasangan ini berhasil menyisihkan kedua rivalnya, Annisa-Fathya yang mendapatkan  30 suara  dan Nayla-Naufal 166 suara   “Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pendukung  atas kepercayaan yang diberikan kepada kami. Kami berjanji akan mewujudkan semua visi dan misi kami. Tolong kawal kami dalam melaksanakan program kerja yang telah kami janjikan,” ucap Raya. “Kami menaruh harapan yang besar pada Ketua OSIS terpilih. Semoga dengan visi dan misi ini, mereka dapat membawa organisasi ini menjadi lebih maju dan lebih baik lagi,” kata Naddiya, kelas 9PK4.(Tim Jurnalis/Diana/bd)