Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Pengembangan Wisata Religi Lintas Sektoral

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonosobo – Kakankemenag Kab. Wonosobo, Ahmad Farid, bersama dengan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Wonosobo, Agus Wibowo, menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) sebagai ikhtiar bersama untuk mendukung pengembangan Wisata Religi. Penandatanganan ini disaksikan Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat dan Wakil Bupati Muhammad Albar di Pendopo Bupati Wonosobo pada Kamis, (01/09).

Dalam arahannya, Bupati Wonosobo menyampaikan bahwa Wonosobo miliki potensi wisata yang luar biasa yang perlu dikembangkan bersama.

“Destinasi wisata Wonosobo sangat menarik perhatian para wisatawan dalam dan luar provinsi bahkan para turis asing, wisata religi Wonosobo juga sangat potensial untuk dikembangkan, salah satunya adalah makam KH. R. Abdul Fatah Sigedong Baturono Tegalgot Kepil beliau adalah ulama dan pejuang jaman perang Diponegoro abad 18,” jelas Afif.

Turut hadir menyaksikan penandatangan tersebut yakni tokoh masyarakat Sigedong, Kyai Fathurrahman. Usia penandatangan ia sampaikan bahwa Sigedong juga dikenal oleh warga sekitar sebagai Kampung Tahfidz, karena warganya banyak yang menjadi penghafal Al-Qur’an.

Menurutnya, lebih dari seratus Hafidz-Hafidzah dari Kampung Sigedong, ada yang tetap mukim di Sigedong, ada juga yang di luar Sigedong dan menjadi pengasuh Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an.

“Santri-santri penghafal Al-Qur’an dari berbagai pesantren, dari berbagai daerah banyak yang lakukan Riyadhah Tabarukan Al-Qur’an di Makam KH. R. Abdul Fatah Sigedong. Mereka mengambil waktu khusus selama 40 hari berturut-turut untuk mengkhatamkan Al-Qur’an dalam asuhan Kyai, mereka miliki target capaian setiap hari harus menyelesaikan khataman Al-Qur’an,” jelas Kyai Fathurrahman.

Lebih lanjuti ia menyampaikan, dalam upaya menjaga dan mendawamkan bacaan Al-Qur’an di Sigedong, selanjutnya dibuat majelis-majelis semaan, Tadarus sebelum Shubuh dan sebelum Jum’atan, Muraja’ah Mandiri, Muraja’ah Bersama malam Sabtu, setoran Hafalan santri setelah shubuh dan lainnya.

Selanjutnya, Ahmad Farid, sampaikan kita patut bersyukur miliki tempat Wisata Religi untuk berdoa kepada Allah dengan Tabarukan Al-Qur’an seperti di Sigedong. “Dengan penandatanganan ini insyaAllah kita akan bersinergi dengan pemerintah daerah Wonosobo untuk pengembangannya,” tandas Farid.

Menangkap maksud sinergi tersebut, Agus Wibowo, menyampaikan apresiasi atas sinergitas yang akan dilaksanakan. “Insyaallah kami akan terus berupaya bersinergi bekerja maksimal untuk pengembangan Wisata Religi di Sigedong. Dalam waktu dekat kita akan duduk ngobrol bareng warga Sigedong untuk tentukan langkah-langkah strategis untuk pengembangan Wisata Religi Sigedong,” tandas Agus.

Sementara Kasi PD Pontren Kankemenag Kab. Wonosobo, Fakih Khusni, mengucapkan rasa sykurnya atas terjalinnya koordinasi dan komunikasi Kankemenag dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, “torehkan evident hari ini ditandatangani Perjanjian Kerja Sama. Insya Allah kedepan karya nyata untuk pengembangan Wisata Religi Sigedong dapat bermanfaat bagi warga Sigedong khususnya dan bagi masyarakat sekitar,” tandasnya.(Fk-ws/Sua)