Pentingnya Literasi Digital agar Siswa Bijak Berinternet

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Siswa MTsN 2 Magelang mengikuti Webinar “Literasi Digital dalam Meningkatkan Profil Siswa Madrasah Pancasila Rahmatan Lil Alamin” yang diselenggarakan oleh Kementerian Informatika dan Komunikasi (Kominfo) bekerja sama dengan Kementerian Agama Kab. Magelang, Rabu, 24/05/2023. Sebanyak 100 siswa antusias mengikuti webinar tersebut.

Sebagai narasumber dalam webinar tersebut adalah Zahid Asmara, H. Mustafid, S. Fil, dan Sri Hatmoko, S. Ag, M.Pd I. Melalui webinar tersebut, diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengetahuan yang cukup tentang media sosial dan perkembangan teknologi serta pemanfaatanya secara positif bagi pelajar.

Dalam webinar tersebut, disampaikan tantangan utama dalam era digital adalah maraknya konten negatif seperti pornografi, isu SARA dan sejenisnya. Literasi digital merupakan pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital, seperti alat komunikasi, jaringan internet dan lain sebagainya.

Kecakapan pengguna dalam literasi digital mencakup kemampuan untuk menemukan, mengerjakan, mengevaluasi, menggunakan, membuat serta memanfaatkannya dengan bijak, cerdas, cermat serta tepat sesuai kegunaannya.

Para siswa diharapakan mempunyai kemampuan secara pribadi dalam mengakses internet khususnya teknologi informasi dan komunikasi secara positif dibarengi dengan literasi digital yang memadai sehingga para siswa bisa mengetahui mana konten yang positif dan bermanfaat serta mana konten negatif.

Disinggung dalam webinar tersebut, para siswa juga diharapkan mampu menggunakan teknologi dan komunikasi di sekolah seperti komunikasi dengan guru atau teman menggunakan media sosial, mengirim tugas sekolah melalui e-mail, pembelajaran secara online melalui aplikasi atau website, mencari bahan ajar dari sumber terpercaya di internet dan lain sebagainya.

Kepala MTsN 2 Magelang, Solihah, menyampaikan melalui webinar tersebut para siswa akan mendapatkan pengetahuan baru dan membentuk pola pikir yang kritis dalam mengelola informasi dari internet.

“Melalui kegiatan webnar ini, saya berharap para siswa kami mendapat informasi yang cukup seputar dunia teknologi dan medsos sehingga lebih bijak dalam menggunakan medsos serta dapat informasi yang benar dan jauh dari hoax,” kata Solihah.

Kegiatan webinar berlangsung di Aula Madrasah dimulai pukul 09.00  dan berakhir pukul 11.00 WIB diikuti oleh 100 siswa.(Kafi/Sua)