Penyerahan Tropi Dan Piagam Penghargaan KSM Tahun 2022 Tingkat  Kabupaten Temanggung

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – Kompetensi Sains Madrasah (KSM) tahun 2022 tingkat Kabupaten Temanggung yang diselenggarakan 13 sampai dengan 15 Agustus 2022 telah usai. Para juara KSM menerima piala dan piagam penghargaan yang diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Rabu (31/08).

Acara yang diselenggarakan di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Kasi Pendidikan Madrasah, Pengawas Madrasah, Kepala Madrasah, guru pendamping dan siswa juara satu, dua dan tiga KSM. Para juara KSM dipanggil satu persatu untuk menerima tropi dan piagam penghargaan mulai dari jenjang MI,MTs dan MA.

Ahmad Sugijarto selaku Kasi Pendidikan Madrasah dalam laporan penyelenggaraan KSM tingkat Kabupaten Temanggung ini menyampaikan bahwa jumlah peserta KSM total sebanyak 704 peserta yang terdiri dari tingkat MA sebanyak 147 siswa, tingkat MTs sebanyak 148 siswa, dan tingkat MI sebanyak 409 siswa.

Lebih lanjut Kasi Pendidikan Madrasah menambahkan, KSM tingkat Kabupaten Temanggung yang dilaksanakan secara online tersebut dilaksanakan dibeberapa tempat.  KSM tingkat MA dilaksanakan di MAN Temanggung, tingkat MTs dilaksanakan di MTs Negeri 1 Temanggung, sedangkan untuk tingkat MI ada di 17 lokasi sesuai wilayah binaan pengawasan MI.

“Juara KSM ini sudah disampaikan pada tanggal 18 Agustus 2022 sesuai SK Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung nomor 1393 tahun 2022 tentang penetapan hasil seleksi KSM Kabupaten Temanggung. Juara satu, dua dan tiga nantinya akan maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah. Kontingen Kabupaten Temanggung ini akan bersaing dengan peserta KSM dari kabupaten lain yang dilaksanakan pada tanggal 10 dan 11 September 2022,” lanjutnya.

Adapun peserta yang akan maju ke tingkat provinsi sebagai duta KSM Kabupaten Temanggung sejumlah tiga puluh tiga peserta mulai dari tingkat MI sejumlah enam siswa yang terbagi menjadi dua kategori yakni mapel Matematika terintegrasi dan IPA terintegrasi, jenjang MTs sembilan siswa terbagi menjadi tiga kategori yakni kategori Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi, IPS Terpadu Terintegrasi dan Jenjang MA sebanyak delapan belas siswa yang terbagi menjadi enam kategori yaitu Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi dan Geofrasi yang seluruhnya terintegrasi.

Ahmad Muhdzir, selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat dan motivasi semangat untuk para juara KSM. Beliau berharap tiga puluh tiga siswa ini saat maju ke tingkat provinsi diberi kemudahan dan kelancaran sehingga dapat menjadi juara.

“KSM adalah sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains dikalangan siswa madrasah. Secara umum KSM Tahun 2022 bertujuan untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi,” katanya.

Beliau berharap, melalui KSM ini, siswa madrasah di Kabupaten Temanggung mampu mengembangkan bakat dan minat dibidang sains, meningkat kemampuan intelektual, emosional dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama, serta berkembang budaya kompetitif yang sehat dikalangan siswa madrasah. Lebih lanjut Beliau berpesan, bahwa nantinya KSM bukan hanya iternal  madrasah tetapi juga sekolah. brand ke depan KSM “Go Internasional”, sehingga tantangannya lebih berat. Untuk itu, Kepala Madrasah dan guru pembimbing siswa agar mempersiapkan sejak dini dibidang saintek yang terintegrasi dengan ilmu agama. Senantiasa berinovasi mengembangkan potensi siswa yang siap dan mampu berdaya saing sesuai tagline “Madrasah Mandiri Berprestasi”. Melalui KSM ini siswa madrasah dapat menjadi duta Indonesia yang dapat membanggakan serta mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah dunia. (SY/rf)