Penyuluh Agama Islam Optimalkan Media Digital Untuk Lahan Dakwah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Dunia maju lebih cepat dari apa yang dipikirkan oleh manusia secara normatif, menyikapi hal ini kualitas dan kompetensi para penyuluh agama harus seiring seiring dengan perkembangan Jaman. Demikian disampaikan oleh Sofia Nur Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Magelang kepada penyuluh beberapa waktu lalu. Kini hal tersebut tengah diimplementasikan oleh penyuluh agama Islam di wilayah KUA Kecamatan Magelang Utara, (Jum’at, 5/8).

“Diera digital ini, kemampuan IT penyuluh agama mau tidak mau harus mengikuti perkembangan yang ada. Perbaiki dan tingkatkan kualitas diri setiap penyuluh agama agar mempu memanfaatkan media digital sebagai lahan dakwah, ” kata Sofia

Lebih lanjut dikatakan bahwa aksi perubahan di Kankemenag Kota Magelang yang sasarannya adalah meningkatnya kemampuan IT para penyuluh agama harus didukung dengan optimal. Aksi perubahan dibidang penyuluhan ini tengah berproses dan tersusun menjadi program jangka pendek, menengah, dan panjang merupakan program yang keberlanjutan.

“Penggerak utama aksi perubahan adalah para penyuluh agama, karena selalu berinteraksi langsung dengan masyarakat saat berikan pembinaan. Olehkarena itu, media digital harus dapat dimanfaatkan dengan baik,” tegas Sofia kemudian.

Kegiatan belajar mandiri sebagai tindaklanjut dari workshop yang talah diikuti ini menjadi wujud komitmen menyukseskan aksi perubahan yang diinisiasi oleh Kepala Kankemenag Kota Magelang.

 Harapan kedepan, para penyuluh agama Islam mampu membimbing dan membina umat sesuai tidak dengan metode tatapmuka saja, akan tatapi bisa memenfaatkan media digital yang ada untuk berdakwah. (Djarot/Hari/rf).