Peran Keluarga Kristen Menjaga Harmonisasi Kerukunan Umat Beragama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print


Kabupaten Sukoharjo (Humas) –
Bimas Kristen Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah menggelar Kegiatan Pembinaan Keuarga Kristiani Tahun 2023 dengan mengusung tema “Peran Keluarga Kristen Menjaga Harmonisasi Kerukunan Umat Beragama”, Jumat (17/3). Diikuti oleh perwakilan Keluarga Kristen utusan Gereja-gereja yang ada di Jawa Tengah yang seluruhnya berjumlah 200 (dua ratus) orang.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan pemahaman moderasi beragama bagi Keluarga Kristiani serta memupuk persatuan dan semangat kebersamaan antar keluarga kristiani dari berbagai denominasi gereja dan daerah dengan kekhasan masing-masing.

Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah dalam hal ini diwakili oleh Pembimas Kristen, Siswo Martono membuka kegiatan dengan ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terselenggaranya kegiatan. Dirinya juga menyampaikan pesan Kakanwil terkait penguatan moderasi beragama melalui Gerakan “Merah Marun” (Menyemai Ramah untuk Masyarakat Rukun) untuk diimplementasikan oleh Keluarga kristiani di tengah masyarakat majemuk.

Kegiatan pembinaan ini juga menghadirkan pembicara luar yaitu Dosen Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata, Christine Wibowo yang menyampaikan materi mengenai “Tantangan Keluarga dalam Perkembangan Teknologi Informasi” untuk membuka wawasan Keluarga Kristiani dalam menghadapi perkembangan jaman.

“Sebagaimana telah diketahui bersama bahwa untuk menciptakan kerukunan antar umat beragama adanya peran dari keluarga. Rukun biasanya dapat dengan mudah dimulai dari keluarga sejahtera”, ungkap Siswo diakhir sesi. (PS/KA/RM/SS)