Persiapan Ibadah Haji, Kemenag dan KBIHU Gelar Rapat Koordinasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,- Dalam rangka persiapan Pelayanan tehadap jamaah Haji tahun 1444 H/ 2023 M, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan KBIHU sekabupaten Pekalongan tentang Penyelesaian Dokumen Haji dan Perekaman Data Biometrik melalui Aplikasi Saudia Visa Bio bertempat di ruang rapat PLHUT Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, Jum’at  (10/03/2023)

Hadir dalam Rakor tersebut Plh. Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan dan perwakilan KBIHU Se-Kabupaten Pekalongan.

Plh. Kepala Seksi PHU, H. Sujud, mengatakan bahwa ada sejumlah syarat dan dokumen yang harus dilengkapi jemaah dalam proses penerbitan visa haji tahun ini. Salah satunya adalah rekam biometrik dilakukan secara online melalui aplikasi Saudi Visa Bio.

“Perekaman data biometrik dapat dilakukan dengan HP (Android) yang support dengan aplikasi Saudi Visa Bio oleh masing-masing jamaah dengan menguplaod empat dokumen diantaranya, Paspor, rekam 10 Jari, Wajah dan KTP dan untuk memudahkan jamaah, maka perekaman akan di laksanakan oleh PLHUT dengan mengundang Jamaah haji secara bergantian, ” terang Sujud.

Lebih lanjut ia mengatakan, “tidak hanya jamaah yang wajib merekam data melalui apliasi Saudi Visa Bio, Menteri Agama sebagai Amirul Hajj, dan Petugas Haji baik sebagai PPIH Arab Saudi maupun Kloter tahun ini juga wajib merekam data melalui aplikasi ini sebagai syarat penerbitan visa haji.”

“Tujuan dari perekaman data ini adalah untuk mempercepat proses imigrasi jemaah haji di bandara kedatangan baik di Jeddah maupun di Madinah,” jelasnya (Sujud/MTb/bd)