Persiapan Pelaksanan AKMI 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas) – Dalam rangka persiapan pelaksanaan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Tahun 2024, komponen II REP-MEQR mengadakan Uji Validasi dan Uji Keterbacaan Instrumen di 306 madrasah yang tersebar di 34 provinsi  seluruh Indonesia sebagai bagian dari upaya penjaminan mutu instrumen AKMI. Jajaran Dirjen Pendidikan Islam juga ikut meninjau langsung khususnya di Madrasah Jateng.

Uji Validasi AKMI dilaksanakan pada tanggal 22 s.d. 25 Juli 2024 secara serentak diseluruh Indonesia. Adapun madrasah pelaksana Uji Validasi pada Kanwil Kemenag Prov. Jateng yang ditunjuk MIN 1 Brebes, MIN Blora, MIN 2 Kendal, MTsN 1 Kebumen, MTsN Surakarta I, MTsN 2 Purbalingga, MAN Salatiga, MAN Purworejo, dan MAN 1 Cilacap dengan total peserta sejumlah 2.233 siswa kelas 5/8/11 pada madrasah tersebut.

Sedangkan pelaksanaan Uji Keterbacaan AKMI akan dilaksanakan pada awal bulan Agustus 2024. Adapun madrasah pelaksana Uji Keterbacaan pada Kanwil Kemenag Prov. Jateng yang ditunjuk yakni MIN 1 Demak, MTs Ar-Rois Cendekia Semarang, dan MAN 1 Kudus.

Kegiatan uji validitas ini dipantau langsung oleh Tim dari Direktorat KSKK Madrasah, yakni MAN Salatiga, MTsN Surakarta 1, MTsN 1 Kebumen, MIN 2 Kendal.

Kabid Pendidikan Madrasah Ahmad Faridi mengapresiasi atas kesiapan dan dukungan madrasah di Jawa Tengah yang telah ditunjuk sebagai sampel uji valditas AKMI 2024 sehingga pelaksnaaan berlangsung dengan lancar.

“Terimakasih atas kerjasamanya semoga kegiatan tersebut berjalan lancar,” kata Faridi. (Da/Bel).