PMR NURIKA Adakan Latihan Bidai

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,- Selasa 15 November 2022. Latihan Rutin PMR NURIKA kali ini materi seputar bidai, latihan pembidaian dengan alat bidai dan mitela. Pembidaian dilakukan untuk pertolongan pertama kasus patah tulang.

Patah tulang ada dua jenis, yaitu patah tulang terbuka dan patah tulang tertutup. Pembidaian dapat digunakan untuk menangani kedua kasus tersebut. Pembidaian berguna untuk mengurangi pergerakan pada tulang yang patah, penanganan patah tulang dengan imobilisasi agar tulang yang patah tidak semakin parah.

Sebagai ujung tombak PMI anggota PMR siswa MTs S NU Karanganyar Tirto harus memiliki bekal ilmu Pertolongan pertama, khususnya pembidaian. Agar ketika menemui kasus patah tulang baik di jalan maupun dirumah, sebagai anggota PMR aktif bisa memberikan pertolongan pertama dengan benar yang sesuai dengan ilmu ke PMI-an.

Keadaan gawat darurat dapat terjadi kapan saja, dimana saja dan pada siapa saja. Kondisi ini jika tidak ditangani dengan tepat dan cepat dapat mengakibatkan kecacatan bahkan kematian. Oleh karena itu, perlu adanya pelatihan sebagai first responder dalam penanganan awal kondisi gawat darurat, sehingga dapat mencegah terjadinya kondisi yang lebih buruk.

Beberapa tindakan pertolongan pertama yang perlu diperkenalkan adalah Balut Bidai dan Bantuan Hidup Dasar (BHD). Balut bidai adalah pertolongan pertama pada bagian tubuh yang mengalami cedera (seperti patah tulang) dengan cara mempertahankan posisi tubuh menggunakan benda yang dapat menjaga posisi yang stabil dan nyaman. Sedangkan BHD adalah tindakan pertolongan pertama yang diberikan pada seseorang yang mengalami henti jantung atau henti napas sebelum mendapatkan penanganan dari tenaga medis atau rumah sakit. (M.Fath/MTb/bd)