Pospenas Ekspo 2022 Resmi Dibuka

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta – Salah satu bagian dari perhelatan Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas IX) Tahun 2022 adalah dengan dibukanya Pospenas Ekspo 2022.

Bertempat di pelataran Stadion Sriwedari Kota Surakarta, Pospenas Ekspo diawali sambutan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Tengah, Ibu Atikoh Ganjar, Rabu, 23/11.

Dalam samabutannya, Atikoh menyampaikan bahwa Pospenas Ekspo ini merupakan salah satu wadah untuk memberikan eksposure produk UMKM binaan, baik oleh Pemprov Jateng, Pemkot Surakarta maupun Kementerian Agama terhadap masyarakat.

“Tentu kita tidak hanya melakukan pembekalan, tetapi bagaimana kita bisa mendampingi sampai hilirisasi, salah satunya dengan adanya ekspo seperti ini,” ucap Atikoh Ganjar.

Hadir untuk memeriahkan Pospenas Ekspo 2022, Penasihat DWP Kemenag RI, Ibu Eny Retno Yaqut, didampingi Ketua DWP Kemenag RI, Ibu Farikhah Nizar Ali dan Ketua DWP Kemenag Jateng, Ibu Linda Musta’in, Penasihat DWP Pemkot Surakarta, Ibu Selvi Ananda, beserta Ketua DWP Kankemenag Kab/kota.

Pospenas Ekspo 2022 kali ini menghadirkan produk unggulan dari kab/kota se-Jateng. Ada 16 produk unggulan dari kab/kota se Jawa Tengah, serta empat Pondok Pesantren di Jateng yang turut menghadirkan produk unggulannya. Sedangkan dari luar Provinsi Jawa Tengah ada 11 UMKM, di antaranya berasal dari DIY, DKI Jakarta, Banten dan NTT.

“Kemandirian pesantren jadi salah satu program Kemenag, karena program ini strategis dan realistis dengan pesantren yang punya sumber daya manusia (SDM) melimpah,” jelas Eny Retno Yaqut dalam arahannya.

Disampaikan Penasihat DWP Kemenag RI, ada 100 pesantren yang sudah menerima inkubasi bisnis. Kemenag juga memiliki program sertifikasi halal gratis, sehingga semua UMKM dapat memanfaatkannya.

Bersama Ketua Dekranasda, Ketua DWP Kemenag RI, Ketua DWP Kemenag Jateng, dan Penasihat DWP Pemkot Surakarta, Eny Retno Yaqut memotong pita sebagai tanda Pospenas Ekspo 2022 resmi dibuka.(Sua/Rf)