POSPENAS IX Membawa Jawa Tengah Menjadi Juara II Tingkat Nasional

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta (Humas) – Pospenas Bersholawat di Benteng Vastenburg Kota Surakarta Sabtu (26/11) malam menjadi penutup rangkaian kegiatan Pospenas IX Tahun 2022.

Pospenas IX diikuti sekitar 2.800 atlet santri dari 34 provinsi se-Indonesia. Pospenas berlangsung selama empat hari pada 23-26 November 2022 dengan mengusung tema “Gerak Santri Bangkit Negeri”, yang diawali dengan Kirab Obor dari Api Mrapen Abadi ke Kota Surakarta.

Closing ceremony Pospenas resmi di tutup oleh Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid Sa’adi. Zainut menyampaikan bahwa semangat santri semakin membara dalam berkontribusi untuk negara sesuai dengan perkembangan zaman.

“Malam ini, saya menangkap semangat yang membara para santri untuk bergerak bersama demi kebangkitan negeri. Saya melihat semangat 77 tahun lalu, yang sekarang hadir di sini. Semangat itu masih membara dalam bentuk yang berbeda, bukan dalam bentuk perang tapi untuk memberikan yang terbaik bagi negeri melalui olahraga dan seni,” ungkapnya.

Hal ini mengingatkan pada peristiwa 22 Oktober 2015 lalu ketika Presiden RI Joko Widodo menetapkan sebagai Hari Santri Nasional. Ini merupakan bentuk penghargaan kepada santri yang telah berkontribusi nyata untuk bangsa.

“Kita dedikasikan POSPENAS sepenuhnya kepada pesantren dan para santri! Ini karena jasa para santri dan pesantren yang amat besar bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, bahkan sebelum Indonesia merdeka,” tutur Kakanwil Kemenag Prov. Jateng Musta’in Ahmad saat ditemui Media Kanwil Kemenag Prov. Jateng.

“Saya sangat bangga, Jawa Tengah semakin jaya, semakin maju dengan dibuktikan dengan capaian prestasi di kancah Nasional. Terima kasih dan selamat saya ucapkan kepada tim Jawa Tengah atas kerja kerasnya yang membuahkan hasil sangat baik,” tambahnya.

Adapun rincian sang juara yaitu :

Sepak Bola (Juara II)

Tenis Meja Putra, Elang Pramudya (Juara I)

Tenis Meja Putri, Hanesty Meirizka (Juara II)

Lari 100 M Putra, Hanif Arya (Juara III)

Lari 200 M Putra, Hanif Arya (Juara II)

Pencak Silat Tunggal Putri, Irsalina Izzati (Juara III)

Pencak Silat Regu Putra, Bergas Maruf, Kafi Gemilli, Rafi Gemilli (Juara III)

Hadrah Putra Juara II
9.Hadrah Putri Juara I

Kaligrafi Putra, Ahmad Mukhlis (Juara I)

Kaligrafi Putri, Nur Jannatin ( Juara I)

Video Film Pendek Juara I  denga judul Rukun

Stand Up Comedy, Eisa Balqis (Juara III)

Pidato Bahasa Inggris Putri, Dyna Syarifa (Juara I)

Pidato Bahasa Arab Putra, Ru’yan Rosikh (Juara 1)

Pidato Bahasa Arab Putri, Rahma Laila (Juara III)

Pidato Bahasa Indonesia Putri, Alfinatus Syifa (Juara I) (d/rf)