Raih Tergiat 1 MI Walisongo Kebonrowopucang Melaju ke Tingkat Binwil

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN – Sabtu (25/2/2023) Barung Coklat Tua 1 Putri Gugusdepan MI Walisongo Kebonrowopucang mengikuti kegiatan Pesta Siaga Cabang yang mengusung tema Aktif, Santun, Inovatif, dan Kreatif di kompleks SMP N 1 Bojong. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan 19 Kwartir Ranting yang ada di Kabupaten Pekalongan setelah memenangi sebagai Tergiat 1 dan 2 tingkat Kwarran/Kecamatan. Jadi total 38 barung putra dan 38 barung putri yang terdiri atas 8 pramuka siaga di setiap barungnya. Kegiatan Pesta Siaga merupakan ajang pertemuan besar pramuka siaga bergengsi yang dilaksanakan secara berjenjang dimulai dari tingkat Kwarran (Kecamatan), Kwarcab (Kabupaten, Binwil (Eks Karesidenan), dan Persari di Kwarda (Provinsi).

Pesta Siaga juga merupakan ajang kompetisi sekaligus evaluasi kegiatan pembinaan anggota gerakan pramuka yang dilaksanakan oleh gugusdepan.

Dengan kemasan permainan, Pesta Siaga menyajikan 10 taman yang didalamnya menilai 10 kemampuan pramuka siaga, antara lain (1) Kemampuan Beragama, (2) Kemampuan Mengenal Seragam Pramuka beserta atributnya, (3) Kemampuan Tali-temali, (4) Kemampuan Pengetahuan Umum, (5) Kemampuan Ketangkasan Permainan Tradisional I’ok, (6) Kemampuan Mengenal Tokoh Pramuka, (7) Kemampuan Seni Budaya, (8) Kemampuan Mengenal Tanaman Obat, (9) Bumbung Kemanusiaan, dan (10) Kemampuan Baris Berbaris.

Dalam penilaian akhir Barung Coklat Tua 1 Putri MI Walisongo Kebonrowopucang memeroleh nilai tertinggi sehingga otomatis berhak mendapat Trofi Tergiat 1 dan Trofi Bergilir serta bersama dengan Tergiat 2 dan 3 berhak mewakili Kabupaten Pekalongan dalam Pesta Siaga di tingkat Binwil yang akan dilaksanakan pada 11 Maret 2023 mendatang di SMA N 1 Bojong.

Raudlotul Janah, S.Sos sebagai Pembina Pendamping menyatakan bahwa kunci dari prestasi ini adalah kerjasama tim pembina yang ada di gugusdepan MI Walisongo Kebonrowopucang yang bahu membahu, dukungan penuh dari madrasah, doa dari keluarga besar madrasah demi menghasilkan kontingen yang tangguh dan siap bersaing di tingkat yang lebih tinggi demi menggaungkan nama MI Walisongo Kebonrowopucang di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan.

Perlu diketahui bahwa saat ini MI Walisongo Kebonowopucang merupakan salah satu madrasah dengan jumlah peserta didik 407 yang terbagi dalam 15 rombongan belajar, mengusung Kemerdekaan Belajar dan Kemerdekaan Mengajar maka pada tahun pelajaran 2022/2023 telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka bersama dengan hampir seluruh Madrasah Ibtidaiyah yang ada di Kecamatan Karangdadap, demikian pungkas Kepala Madrasah Syarif Hidayatullah, M.Pd.I. (Syarif Hd/MTb/bd)