Rakor Persiapan Kepulangan Jemaah Haji Indonesia yang Akan Segera Tiba di Tanah Air

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonosobo (Humas) – Jelang Kepulangan Jemaah Haji Kabupaten Wonosobo yang dijadwalkan tiba di Tanah Air Indonesia pada Akhir Juni mendatang, Pemerintah Daerah Kabupaten Wonosobo dan Kankemenag Kab. Wonosobo menggelar rapat koordinasi finalisasi persiapan kepulangan jemaah haji, diselenggarakan pada hari Kamis (20-06-2024) di Pendopo Wakil Bupati Wonosobo.

Rakor dibuka oleh Kabag Kesra Setda Kab. Wonosobo, Slamet Faizi, yang mengatakan bahwa penyambutan kepulangan jemaah akan dilakukan ceremonial.

“Bus masuk ke area halaman pendopo Bupati, kemudian jemaah turun dari bus langsung ke Pendopo Bupati, ” jelasnya.

Hal tersebut juga dikemukakan oleh staf ahli bupati bidang pemerintahan, Fathoni, yang juga menyebutkan bahwa penyambutan akan dilakukan secara resmi oleh Bupati.

Senada dengannya, Kakankemenag Kab. Wonosobo, H. Panut, juga mengatakan bahwa penyambutan jemaah haji harus dilakukan semaksimal mungkin. Meski demikian ia menghimbau agar ceremonial tidak terlalu lama mengingat para jemaah sudah menempuh perjalanan panjang dan membutuhkan aaktu istirahat.

“Baik laporan kepulangan jemaah haji, Sambutan-sambutan, pembacaan doa oleh jemaah haji dan lainnya, semua harus sesingkat mungkin. Jangan terlalu lama karena pastinya jemaah ini juga sudah sangat ingin berkumpul kembali dengan keluarga di rumah.” ungkap Panut.

Ia juga menegaskan bahwa harus ada pengawalan dan pelayanan ekstra oleh petugas untuk memperhatikan barang bawaan jemaah seperti tas tenteng maupun koper.

“Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, mohon pengamanan harus benar-benar ekstra diperhatikan. Mulai dari masuknya anggota keluarga yang menjemput jemaah ke area Pendopo, turunnya jemaah dari bus sampai penurunan tas koper,” tandasnya.

Terkait teknis kepulangan Jemaah Haji, Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh, H. Nawawi, menyebutkan bahwa tidak ada perubahan jadwal kepulangan. Kedatangan sesuai dengan jadwal final hasil rehisi ke 8 dengan keputusan Jemaah Haji Wonosobo Kloter 11,12, dan 13 diperkirakan akan tiba di Indonesia melalui embarkasi Solo pada tanggal 24-26 Juni 2024.

“Kloter 11,12, dan 13 penyambutan di Pendopo Bupati Wonosobo. Diperkirakan kloter 11 tiba di Pendopo pada tanggal 25 juni 2024 pukul 21.45 wib, Kloter 12 tiba di Pendopo tanggal 26 Juni 2024 pukul 01.30 wib, dan kloter 12 tiba tanggal 26 Juni 2024 pukul 15.35 wib,” jelas Nawawi.

Terkait armada penjemputan ia katakan, bus yang digunakan sama dengan bus saat pemberangkatan dengan rincian 3 bus, 1 voridjer dan 1 unit ambulance untuk kloter 11, kemudian 9 bus, 2 voridjer, 2 ambulance untuk kloter 12 dan 7 bus, 2 Voridjer, 2 ambulance untuk kloter 13. Selain itu juga akan ada tambahan 1 unit minibus sapu jagad disetiap kloter.

Selain ketiga kloter tersebut, juga akan dilakukan penyambutan jemaah haji kloter 15,16 dan 72. Penyambutan akan ditempatkan di Kankemenag Kab. Wonosobo.

“Untuk kloter 15 tiba di Wonosobo tanggal 26 Juni 2024 pukul 23.10 wib, kloter 16 tiba di Wonosobo tanggal 27 Juni 2024 pukul 03.00 wib dan terakhir yaitu kloter 72 tiba di Wonosobo tanggal 13 Juli 2024 pukul 23.15 wib. Penyambutan langsung di Kantor Kemenag Wonosobo,” imbuhnya.

Adapun pihak-pihak terkait yang juga hadir dalam rakor tersebut yaitu Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Kab. Wonosobo, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Sekretaris Daerah Kabupaten Wonosobo, Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Wonosobo, Dinas Perkimhub Kabupaten Wonosobo, Dinas PUPR Kabupaten Wonosobo, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Wonosobo, Setda Kabupaten Wonosobo, Bagian Umum Setda Kabupaten Wonosobo, Bagian Prokopim Setda Kabupaten Wonosobo, KBIHU Ar Rohmah, KBIHU Gema Arofah, KBIHU AI Mansyur, KBIHU Umul Quro’, Direktur PT. GDA dan Kantor PT. POS Wonosobo.(Ps-Ws/Sua)