Rakor Seksi PAIS Kemenag Kab. Temanggung

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung (Humas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Fatchur Rochman membuka acara Rapat Koordinasi Pendidikan Agama Islam (PAIS) di Aula Kantor setempat, Selasa (20/08/2024). 

Kegiatan diikuti oleh pengawas PAI SD, SMP, SMA dan SMK, Ketua dan Sekretaris KKG Kabupaten, KKG Kecamatan se- Kabupaten, MGMP SMP SMA SMK, FKG TK PAI dan Ketua dan Sekretaris AGPAI Kabupaten Temanggung.

Dalam laporannya Kepala Seksi PAIS M. Zaeni Mustofa menyampaikan mulai bersama-sama membangun pola kerjasama, koordinasi, komunikasi di seksi PAIS untuk bersama-sama bergerak sehingga terbentuk sinergi baik  personal maupun lembaga.

Seksi PAIS terus melaksanakan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas  mutu layanan pendidikan agama di Temanggung.

“Saat ini kami sedang mengupayakan kegiatan pendidikan profesi guru PAI yang nantinya akan dibiayai oleh Pemerintah Daerah. Kami juga melaksanakan penguatan terhadap model moderasi beragama bagi guru PAI,” ungkapnya.

Sementara dalam sambutannya Fatchur Rochman menyampaikan semua GPAI ingin ikut PPG tapi tidak bisa semua karena keterbatasan anggaran akan tetapi Kankemenag juga berharap semua GPAI nantinya tuntas bisa mengikuti PPG.

“Kemenag berusaha berkomunikasi dan koordinasi dengan pemerintah daerah agar bisa dibiayai dari APBD, juga kerjasama dengan lembaga pemerintah non struktural yang ada dan  berharap semua guru yang belum mengikuti PPG bisa terlaksana dengan tuntas. Untuk itu perlunya dukungan para guru bisa memohon langsung pada pemerintah daerah dalam mendukung para guru PAI agar bisa mengikuti PPG dengan anggaran pemerintah daerah,“ pintanya.

Selanjutnya Kakankemenag  mengatakan bahwa guru juga harus inovatif jangan terjebak dalam rutinitas, maksudnya guru hanya sibuk membuat RPP sehingga melupakan apa yang diperoleh peserta didik dalam proses belajar di dalam kelas, serta guru dituntut pula harus menjadi inspiratif ditengah-tengah peserta didik, bagaimana guru harus memperlihatkan etitut dan moral yang baik bagi peserta didik. Diakhir sambutannya ia mengajak para guru bisa bekerjasama dan berupaya untuk bisa bekerja bersama-sama, senang bersama-sama dan sukses bersama-sama. (sr/rk)

Skip to content