Rapat Koordinasi Persiapan Shalat Idul Adha 1444 H/2023 M, Sinergi Bersama Melayani Umat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas) – Kanwil Kemenag Prov. Jateng menggelar Rapat Koordinasi dan Persiapan Idul Adha 1444 H/ 2023 M di ruang Rapat PTSP Kanwil Kemenag, pada Selasa, 20 Juni 2022. Dipimpin oleh Lasianto Ketua Tim Kemitraan Umat, Publikasi Dakwah dan hari Besar Islam Bidang Penerangan Agama Islam, Zakat dan Wakaf. Bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Majelis Ulama Indonesia Jawa Tengah, Polrestabes Semarang, Dinas Perhubungan Kota Semarang, Dinas Kesehatan Kota Semarang, serta Takmir Masjid Raya Baiturrahman Semarang membahas persiapan pelaksanaan sholat Idul Adha 1444 H/ 2023 M dan penyembelihan hewan kurban.

Pada Minggu, 18 Juni 2023 Kementerian Agama melaksanakan sidang isbat penetapan Idul Adha 1444 H/ 2023 M, dengan putusan bahwa tanggal 1 Dzulhijjah 1444 H akan jatuh pada Selasa, 20 Juni 2023. Dengan demikian Hari Raya Idul Adha akan jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023 atau 10 Dzulhijjah 1444 H.

Shalat Idul Adha tahun ini recananya akan dilaksanakan di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang pada Kamis, 29 Juni 2023 pukul 06.15 WIB. Khatib oleh Kakanwil Kemenag Prov. Jateng Musta’in Ahmad dan Imam oleh K.H Ulil Abshor, Alhafidz.

“Diharapkan seluruh masyarakat dapat hadir tepat waktu. Dihimbau untuk membawa alas, sajadah dan mukena pribadi lepas pribadi. Mengantisipasi penumpukan Jemaah, disarankan juga sudah melakukan wudhu dari rumah, apabila batal bisa melakukan wudhu kembali di Masjid Baiturrahman,” tutur Lasianto.

Jajaran Polrestabes dan Dishub Kota Semarang akan melakukan pengamanan wilayah supaya kegiatan shalat Idul Adha dapat berjalan dengan lancar dan khidmat. Dinas Kesehatan akan menyediakan Ambulan dan Tenaga Kesehatan pada 2 titik, yakni di depan Masjid Baiturrahman dan di depan Pos Polisi Simpang Lima. Sedangkan penyembelihan hewan kurban akan dilaksanakan di Islamic Center pada hari yang sama. (ps/rf)