Rencana Kunjungan Menag dan Polri : Kankemenag Kab. Wonosobo Siapkan Program Unggulan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonosobo – Masih dalam rencana, Kab. Wonosobo akan menjadi salah satu Kabupaten yang akan dikunjungi oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) Listyo Sigit Prabowo dalam waktu dekat. Rencana kunjungan tersebut sontak mendapat perhatian Kakankemenag Kab. Wonosobo untuk menyiapkan penyambutan dengan berkoordinasi dengan lintas sektor yang ada di Kab. Wonosobo.

Ahmad Farid Selaku Kakankemenag Kab. Wonosobo mengatakan informasi rencana kunjungan Menag dan Polri tersebut sempat dibahas dengan Bupati serta Kapolres Kabupaten Wonosobo dalam kesempatan berbeda. “Beberapa waktu lalu saat silaturahmi dengan Bupati kami sempat membahas rencana kunjungan tersebut dan selanjutnya dalam kesempatan berbeda kami juga membahas rencana kunjungan tersebut dengan polres, keduanya dengan senang mengatakan siap mempersiapkan segala sesuatu untuk penyambutan Menag dan Polri di Kab. Wonosobo,” jelas Ahmad Farid

Ahmad Farid diruang media center Selasa, (30/3) mengatakan sejauh ini belum dilakukan rapat koordinasi dengan pemangku kepentingan dan stakeholder di Kabupaten Wonosobo. “Kami memang secara formal dan resmi belum mengadakan pertemuan lintas sektoral terkait rencana kunjungan tersebut, namun ketika jadwal kunjungan sudah dapat dipastikan kami akan segera adakan pertemuan secara resmi,” imbuhnya.

Meski demikian Kankemenag dalam upaya penyambutan Kunjungan tersebut telah mengupayakan beberapa program kerja untuk direalisasikan dan nantinya dapat dipresentasikan kepada Menag secara nyata. “Salah satu program yang sudah kami lakukan diantaranya yaitu kerjasama kolaborasi dan sinergi dengan Polres Wonosobo untuk lakukan kajian kitab kuning sesuai instruksi Polri,” tandas Farid.

Sementara itu ditemui diruangannya Rino selaku Staff PD Pontren yang beberapa waktu lalu sempat mendampingi Kakankemenag Koordinasi dengan Bupati dan Polres kaitannya dengan rencana Kunjungan tersebut mengatakan ada beberapa kegiatan yang sudah mulai dilakukan untuk persiapan penyambutan kunjungan Menag. “Kami diminta untuk menyipakan program yang bisa disuguhkan ketika Menag dan Polri datang,” ungkapnya.

Rino mengatakan ada tiga program unggulan yang dicanangkan untuk dilakukan oleh Kankemenag Kab. Wonosobo. “Untuk Kankemenag Wonosobo kami memproyeksikan ada tiga program unggulan yaitu yang pertama adalah ekonomi kemaslahatan yaitu bebentuk perhatian pemerintah terhadap Ponpes dimana Ponpes diminta untuk meningkatkan sisi ekonominya,” jelas Rino.

Selanjutnya, sambung dia, yang kedua yakni Pemaksimalan Pondok Pesantren dalam syiarnya hingga ke semua elemen termasuk kajian kitab kuning di Polres, dan yang ketiga yaitu selain Ponpes yaitu terkait program pada Madrasah Diniyah dan TPQ yaitu terkait Bantuan Operasional dan bantuan Daring.

Upaya yang dilakukan untuk penyambutan Menag tersebut diharap mampu menjadi jamuan unggulan guna sambut kedatangan Menag dan Polri di Kab. Wonosobo. Ps-ws/qq