Resmi Ditutup, Rangkaian HAB 77 Kanwil Kemenag Prov. Jateng Sukses Digelar

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas) – Seluruh rangkaian Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 Tahun 2023 di Kanwil Kemenag Prov. Jateng telah usai terselenggara. Segenap panitia HAB ke-77 menggelar rapat pembubaran panitia dengan sumringah pada Rabu (18/1). Dipimpin oleh Karbono Pembimas Buddha selaku Ketua Panitia, Kakanwil Kemenag Prov. Jateng Musta’in Ahmad membubarkan secara resmi.

Panjatkan rasa syukur dengan simbolis bubur sumsum, segenap panitia mengaku telah berikan usaha yang terbaik untuk meriahkan HAB tahun ini. Bagi masyarakat Jawa bubur sumsum melambangkan kesetaraan, sehingga dapat dinikmati semua orang yang ikut berbahagia tanpa kecuali. Bagi yang menyajikan, bubur sumsum ditujukan agar orang-orang yang telah membantu hajatan untuk melepas lelah karena telah bekerja keras. Rasa manis dari gula jawa yang dicairkan akan membantu mengembalikan energi.

Karbono sampaikan terdapat 92 anggota panitia secara keseluruhan. Dirinya juga menyampaikan bahwa rangkain HAB pada intinya ada 8 kegiatan, yaitu Pembukaan dan Senam bersama pada 23 Januari 2022; Donor Darah pada 22 Desember 2022; Lomba tenis meja, catur, futsal, tenis lapangan, bulutangkis, dan fun game; Senam Bersama dan pembagian doorprize pada 28 Desember 2022, sore harinya dilanjutkan dengan pertandingan sepak bola; Ziarah Makam Mantan Kakanwil Terdahulu pada 2 Januari 2022; Upacara Perngatan HAB dan Tasyukuran pada 3 Januari 2023; dan puncaknya ada pada Jalan Sehat Kerukunan yang diikuti oleh 2400 peserta pada 14 Januari 2023.

“Dari lubuk hati yang paling dalam saya sampaikan terimakasih kepada Ibu Bapak panitia sekalian yang telah berkontribusi baik itu dana, waktu serta tenaganya. Tanpa Ibu Bapak sekalian acara tidak akan berjalan,” ungkap Karbono.

“Saya juga mengucapkan terimakasih atas kepercayaan Bapak Kakanwil memilih saya menjadi ketua. Walaupun terhitung baru sebagai kelurga besar Kanwil Kemenag Prov. Jateng, namun saya mendapat kepercayaan tersebut. Saya telah mengupayakan yang terbaik dan semampui saya, maaf bila ada kesalahan dan kekurangan,” imbuhnya.

Karena sumber dana kegiatan HAB berasal dari Koperasi Amal Bhakti Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Urunan Pegawai serta Mitra, Kakanwil Musta’in Ahmad ingatkan kepada Kabag TU Wahid Arbani supaya melakukan audit anggaran dana yang telah digunakan sesuai dengan kondisi real dan dapat dipertanggung jawabkan.

“Saya ucapkan selamat dan terimakasih, rangkaian HAB 77 di Kanwil Kemenag Prov. Jateng dapat berjalan dengan lancar dan semua bahagia. Biarlah jerih payah bapak ibu sekalian menjadi amal jariyah. Jangan pernah lelah mencintai Kementerian Agama,” tutur Kakanwil.

“Harus tetap satu komando, perintah dari pusat, perhatikan itu. Padatnya kegiatan bapak ibu sekalian juga tidak menjadi penghambat yang signifikan, kita jadikan suasana kerja itu sebagian dari rekreasi. Kita tata sebaik-baiknya, sehingga setiap dari kita barus mampu memberikan kontribusi, pikiran dan gagasan. Jangan lelah, semoga jadi berkah,” imbuhnya. (ps/rf)