Ribuan Galon Air Zamzam Jemaah Haji Telah Tiba di Embarkasi Solo

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Boyolali (Humas) – Meskipun masa kepulangan Jemaah Haji masih jauh, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo sudah menerima ribuan galon air zamzam dan menampungnya di gedung Jeddah Asrama Haji Donohudan pada Selasa, (13/6).

Menurut Satgas PPIH yang menangani air zamzam, Ahmad Shodiq menyampaikan bahwa air zamzam yang datang ini nantinya akan dibagikan kepada para jemaah Haji sepulang dari tanah suci.

“Setiap jemaah akan mendapat jatah satu galon berisi lima liter air zamzam gratis, tanpa ada pungutan biaya apapun. Jemaah tidak perlu membawa air zamzam sendiri dari sana (Arab Saudi red). Pesawat tidak akan terbang kalau diindikasikan masih ada air zamzam di koper besar maupun tentengan,” tegasnya.

Dia menyampaikan jumlah keseluruhan air zamzam saat ini sebanyak 14.824 galon dalam lima kali pengiriman. Air zamzam didatangkan oleh pihak maskapai pada saat memasuki penerbangan gelombang kedua, dimana saat meninggalkan Embarkasi pesawat membawa jemaah calon Haji dan kembali ke Indonesia dengan membawa galon air zamzam.

Pemberian zamzam gratis ini diinisiasi oleh maskapai Garuda Indonesia beberapa tahun yang lalu, sebagai oleh-oleh paling banyak ditunggu oleh keluarga Jemaah Haji.

Pengiriman air zamzam secara khusus ini juga demi menjamin keselamatan penerbangan. Karena dikhawatirkan kemasan zamzam yang dibawa penumpang tidak cukup baik sehingga akan pecah saat ditumpuk dengan barang-barang lain dan membahayakan penerbangan. (RK/Dwi)

#hajiramahlansia
#kemenagjateng