Salamun Pengawas PAI Kankemenag Berbagi Kiat Menjadi Guru Kreatif Yang Menginspirasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang, SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang (SMA Mudhatama) menggelar Workshop bertajuk Peningkatan Kompetensi Guru Penyusunan KOS dan Perangkat Ajar Tahun Pelajaran 2023/2024, yang diikuti seluruh guru disekolah tersebut, (Senin, 31/7).

Pengawas PAI SMA/SMK Kota Magelang, yang sekaligus sebagai Sekretaris PGRI Kota Magelang,  berkesempatan berikan materi bertema menjadi guru kretif yang diidolakan siswa di era digital.

“Guru merupakan bagian integral dari sumberdaya pendidikan yang sangat menentukan keberhasilan sebuah pendidikan. Sebagai salah satu sub komponen dalam pendidikan, khususnya komponen pendidik dan tenaga kependidikan, guru merupakan sebuah kunci dalam melakukan peningkatan mutu pendidikan.karena itu, posisi mereka berada di titik sentral dari setiap usaha reformasi pendidikan yang diarahkan pada perubahan-perubahan kualitatif,” tandas Salamun.

Menurutnya sosok guru Ideal adalah yang memiliki kompetensi pedagogik yang dinamis. Artinya, dalam menjalani pengelolaan pembelajaran peserta didik. Selian itu memiliki pula keterbukaan terhadap teknik & metode pembelajaran serta memiliki kompetensi profesional yang progresif.

Memiliki kompetensi Kepribadian yang kian matang. Artinya, dalam melaksanakan tugas kesehariannya, seorang guru harus secara aktif, mandiri, dan berkelanjutan mengembangkan kepribadiannya menuju terwujudnya pribadi paripurnaMemiliki kompetensi Sosial yang efektif.

Ia juga erikan kiat menjadi guru kreatif yang menginspirasi, menggerakan dan meneladani di era digital. Guru kreatif adalah yang cekatan, respect, empati, aktif, teladan, inspiratif, visioner dan energik. (Salamun/Hari/rf)