Sambut Ramadan 1444 H, Siswa MITTQUM dan RA Palma Gelar Tarhib Ramadan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Dalam rangka menyambut kedatangan bulan Ramadan, Madrasah Ibtidaiah Terpadu Tahfidzul Qur’an Al Ma’shum (MITTQUM) dan Raudlatul Athfal Paripurna Al Ma’shum (RA Palma) menggelar Tarhib Ramadan 1444 H pada Sabtu (18/03/2023) di kompleks Pendidikan Ar Rahman, Clolo, Banjarsari, Surakarta.

Mengusung tema “Dengan Semangat Tarhib Ramadan, Full Semangat Ibadahnya”, acara yang diikuti oleh ratusan siswa Mittqum dan RA Palma dibuka dengan membaca surat al fatihah dan ditandai dengan pelepasan pawai tarhib oleh wakil kepala madrasah Mittqum, Muhammad Khusnuddin.

Kepala Madrasah Mittqum, Bayu Wicaksono mengungkapkan tujuan dari tarhib ramadan kali ini untuk mendakwahkan kedatangan bulan ramadan, “Tarhib ramadan kali ini bertujuan untuk mendakwahkan bahwa sebentar lagi ramadan datang,” ungkapnya.

Ia berharap dengan mengikuti kegiatan tarhib ramadan ini, siswa bersemangat tidak hanya dalam menyambut ramadan akan tetapi juga bersemangat beribadah puasa, giat tilawah Al-Qur’an di bulan ramadan.

Kepala RA Palma Chabibatul Basyariyah menyampaikan, kegiatan Tarhib Ramadan 1444 H di RA Palma merupakan rangkaian kegiatan yang meliputi pawai, outbond mini, dan lomba tahfidz.

Outbond mini diselenggarakan di halaman RA Palma pada Senin (20/3/2023). Permainan outbond mini berupa permainan ketangkasan, kebersamaan, dan kekompakkan bertujuan untuk memeriahkan datangnya bulan Ramadan. Permainan outbond mini meliputi bakiak, trampoline, scooter, merayap, dan estafet holahop.

Lomba tahfidz digelar pada Selasa (21/3/2023). Lomba tahfidz diikuti oleh semua siswa RA Palma. Surat Al-Qur’an yang diperlombakan adalah surat al humazah, surat attin, dan surat annaba.

Pengawas MI/RA Kementerian Agama Kota Surakarta, Sarkin, menjelaskan bulan Ramadan 1444 H merupakan bulan yang sangat istimewa di mana umat Islam di seluruh penjuru dunia dan Tanah Air Indonesia khususnya, bisa melaksanakan ibadah puasa, salat wajib maupun sunah di masjid dan musala dengan bebas dan tidak dibatasi lagi karena adanya covid-19. “Mudah-mudahan kita semua diberikan kekuatan dan kesehatan dapat melakukan puasa dan ibadah lainnya dengan baik ikhlas dan khusyuk, sehingga diterima oleh Allah Swt serta diampuni dosa yang telah lalu dan yang akan datang, amin.” Ujarnya.
Marhaban Yaa Ramadan. (Iba/bd)