Sambut Siswa Baru, MIN 2 Temanggung Gelar Matsama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – Sesuai dengan Juknis Matsama Tahun 2022, MIN 2 Temanggung  melaksanakan kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah ( Matsama ) selama 3 hari yaitu hari Senin – Rabu tanggal 18 – 20 Juli 2022. Round down Matsama untuk hari pertama pembukaan dilanjutkan dengan fun game mengenal teman, guru dan lingkungan madrasah. Sementara anak melaksanakan fun game, para  wali  kelas 1 pengantar diajak beramah tamah dan mengenal visi misi program kegiatan madrasah. Hari kedua madrasah menggandeng Puskesmas Traji dalam kegiatan fun game PHBS, sikat gigi masal dan toilet training. Dan hari ketiga out bond di Wapit (Jumprit).

Dengan dipandu oleh fasilitator Wapit dilaksanakan senam bersama, dilanjutkan fun game bersama  peserta didik, orang tua serta segenap guru MIN 2 Temanggung. Kepala madrasah, Nur Makhsus dalam sambutannya mengatakan bahwa, tujuan dilaksanakan kegiatan ini agar siswa kelas 1 yang baru, saling mengenal sesama teman, mengenal bapak ibu gurunya, serta lingkungan dan budaya madrasah yang baru.

“Selain itu, kegiatan Matsama juga bertujuan untuk menumbuhkan perasaan cinta dan bangga belajar di madrasah, serta mengembangkan kreativitas dan disiplin peserta didik yang cerdas dan berakhlakul karimah,” tuturnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa, pelaksanaan Matsama bagi peserta didik baru sangatlah penting karena harus mengenal terlebih dahulu madrasah sebelum memulai proses pembelajaran, begitu pula siswa baru harus diberikan materi dasar sesuai juknis yang ada pada kegiatan Matsama.

Nur Makhsus menambahkan, Matsama didesain dengan format fun game sehingga anak cepat akrab dalam suasana yang membahagiakan. “Dengan kegiatan Matsama diharapkan anak mempunyai kesiapan secara fisik maupun mental dan cepat beradaptasi dengan suasana dan budaya baru sehingga anak akan merasa ketagihan untuk bertemu lagi. dengan teman barunya, guru barunya dan semangat untuk belajar bersama di madrasah baru,“ harapnya. (ws/rf)