Seksi Penmad Langsungkan Sosialisasi Tindak Lanjut Hasil Supervisi Pembelajaran

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Kota Magelang gelar acara Sosialisasi Tindak Lanjut Hasil Supervisi Pembelajaran Madrasah di RM Kebon Semilir Jl. Jeruk No.16 Kramat Selatan Magelang Utara Kota Magelang. (Selasa, 24/5).

Dalam sambutannya, Kepala Kankemenag Kota Magelang menyampaikan pentingnya pengawasan yang optimal dalam mengembangkan madrasah untuk membentuk lingkungan madrasah yang kondusif.

“Pengawasan untuk madrasah dimaksudkan untuk mewujudkan visinya yakni sebagai proses character building. Hakekat pendidikan adalah proses menjadikan siswanya agar menjadi manusia yang berpotensi dengan berbasis akhlak yang baik, menciptakan lingkungan yang agamais dan relegius,” jelas Sofia Nur.

“Keberhasilan pendidikan tidak hanya di pengaruhi oleh guru semata akan tetapi banyak komponen pendidikan yang terlibat dalam proses tersebut antara lain tujuan yang hendak dicapai, pendidik, peserta didik, metode, materi, sarana dan lingkungan,” imbuhnya kemudian.

Pada kesempatan yang sama, Kasi Penmad juga menjelaskan perlunya  sistem supervisi yang dilaksanakan secara menyeluruh di madrasah sebagai tindak lanjut dari KMA 624 Tahun 2021.

“Supervisi Oleh karena itu jangan hanya bagus pada tataran perencanaan saja, akan tetapi harus baik juga dalam pelaksanaannya. Dan jangan lupa, lakukan evaluasi setelahnya. Kepala madrasah harus mampu melakukan supervise dengan baik. Kita harus mereka mampu  menindaklanjuti hasil supervisi akademik melalui pembinaan guru dan pemantapan instrument untuk peningkatan profesionalisme guru ,” tegas Arif Yudha Himawan,

Acara yang dihadiri oleh pengawas dan para guru madrasah senior di jajaran Kankemenag Kota Magelang dan pengawas ini mengundang narasumber Etty Syarifah, kepala sekolah yang berprestasi dalam berinovasi di tingkat nasional. (Hari/rf).