Siap Menjadi Legislator Muda , Siswa MAN 2 Banjarnegara Ikuti Lomba Parja 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Rasa lega dirasakan Dwi July Angelina Handayani, siswa MAN 2 Banjarnegara usai menyelesaikan tiga rangkaian yang harus ditempuh untuk memenuhi ketentuan menjadi peserta lomba Parlemen Remaja (Parja) 2023 di ruang Laboratorium Komputer di MAN 2 Banjarnegara (2/8.)

Adapun tiga rangkaian yang harus ditempuh meliputi: mengisi CV, membuat esai, dan video sesuai dengan tema  yang selanjutnya diunggah di link yang telah ditentukan. Pengisian CV, selain data pribadi mencantumkan juga organisasi yang diikuti dan kejuaraan yang pernah diraih. Untuk pembuatan  esai dan video pada tahun ini mengambil  tema  “Remaja Kenal Hukum, Taat Aturan , Masyarakat aman”.Angel, sapaan tiap harinya mengambil judul “Durantness on Law (Education of Roadway Safety and Mental Readiness based on Law)” Untuk video dapatdisaksikan di kanal youtube https://youtube.com/watch?=m46iB8U5ig&feature=share.

Angel dari awal terlihat begitu semangat ketika disodori Sutiyani, selaku pembina terkait  ketentuan lomba tersebut. Dia mengungkapkan bahwa dia merasa tertantang untuk mengikuti lomba itu .“Dengan berbekal keikutsertaan organisasi  di dalam dan di luar madrasah dan kejuaraan yang saya raih, saya siap menjadi Legislator Muda” Begitu ungkapnya.

Sutiyani, selaku pembina mengungkapkan bahwa Angel, sebagai siswa kelas XII jurusan keterampilan Tata Busana  tergolong siswa yang aktif, cerdas, dan cekatan. Selain menjabat sekretaris OSIM MAN 2 Banjarnegara dia juga menjabat koordinator Kreativitas Sebaya di Organisasi Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) Kabupaten Banjarnegara. Selain itu, dia juga mengikuti  beberapa kegiatan ekstrakurikuler.  Ekstrakurikuler itu di antaranya modelling dan English club.

Dari ekstrakurikuler Modeling dapat menghasilkan kejuaraan baik tingkat kabupaten bahkan nasional. Kejuaraan tingkat kabupaten, diantaranya juara 1 lomba fashion show Batik Nusantara di Depo Pelita  dan  Juara 2 pemilihan bintang model batik nusantara di Pendopo Kabupaten Banjarnegara. Sedang tingkat nasional juara best costume fashion dripping dalam rangka  EXPO MA Plus Keterampilan di Palembang tahun 2023 dan Juara harapan 2 fashion dripping dalam rangka MA Plus keterampilan di Madura tahun 2022.

Parlemen Remaja (Parja) merupakan salah satu program tahunan DPR RI melalui Biro Protokol dan Humas yang diadakan sejak tahun 2008. Adapun urgensi dari program tersebut karena perlu adanya pemberian pendidikan politik dan demokrasi kepada para generasi muda sedini mungkin sesuai amanat dari asosiasi Parlemen dunia (IPU) yang menetapkan tanggal 15 September sebagai “Internasional Day of Democracy”.

Lili Maenani selaku waka kesiswaan pun mengungkapkan , “Saya akan sangat mendukung penuh kegiatan siswa yang mengarah ke kemajuan”.

Senada dengan itu, Ridlo Pramono selaku Kepala MAN 2 Banjarnegara pun bangga dengan keikutsertaan  Angel pada lomba ini. ”Semoga lomba ini akan muncul benih-benih legislator muda juga siswa MAN 2 Banjarnegara akan ada di lini-lini penting untuk kemajuan bangsa” pungkasnya (Sty/rf)