Simulasi E-Maqra Persiapan MTQ XXIX Tingkat Provinsi Jateng

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Panita Penyelenggara MTQ melakukan simulasi e-Maqra, Kamis (7/7).

Semarang (Humas) – Dalam rangka persiapan penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi Jawa Tengah XXIX Tahun 2022 di Kota Semarang, Panitia MTQ melaksanakan simulasi e – Maqra bertempat di Aula Lt.3 Kanwil Jateng, Kamis (7/7).

E-Maqra merupakan pengembangan system perMTQ-an yang berbasis aplikasi sebagai salah satu media pendukung yang berisikan maqra-maqra (paket bacaan atau paket soal) pada cabang-cabang tertentu seperti tilawah, tahfizh, fahmil qur’an, dan tafsir Al Qur’an. Aplikasi ini digunakan pertama kali pada Tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Hal ini dilakukan oleh Kementerian Agama untuk terus berupaya meningkatkan kualitas perMTQan agar dapat meminimalisir kebocoran soal dan maqra’ dan menjadikan pelaksanaan MTQ lebih berkualitas dan kredibel.

Nining Indrawati selaku Pamong Budaya Ahli Muda Seksi Seni dan Budaya Islam, dan Musabaqoh Al-Quran dan Al-Hadits Bidang PenaisZawa Kanwil Kemenag Prov. Jateng menyampaikan bahwa simulasi penggunaan instrument ini merupakan salah satu bentuk transformasi digital pada sistem MTQ

“E-Maqra digunakan sebagai media berbasis aplikasi offline dalam pengambilan paket maqra oleh para peserta pada saat berlangsungnya musabaqah. Dulu pelaksanaan maqra menggunakan system manual dengan menggunakan lembaran kertas, dengan adanya aplikasi ini merupakan bentuk transformasi digital sehingga lebih transparan, efektif dan efisien,” ungkapnya.

Opening Ceremony MTQ XXIX Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022 akan dilaksanakan pada Jumat, 22 Juli 2022 dengan mengusung tema Dengan Semangat MTQ Wujudkan Masyarakat Jawa Tengah yang Gayeng, Berakhlak dan Semakin Hebat di Lapangan Simpang Lima Semarang. (d/rf)