Siswa MTsN 2 Tegal Melaju ke OBA Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Slawi-Dalam ajang Olimpiade Bahasa Arab (OBA) ke-6 Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Forum MGMP Bahasa Arab Se-Indonesia, MTs Negeri 2 Tegal mengirim tiga siswa, dan salah satunya berhasil meraih prestasi gemilang dengan meraih gelar juara 2 tingkat kabupaten, yakni atas nama Fauziah A’idatun Nurul Aeni, yang selanjutnya akan melaju ke tingkat provinsi Jawa Tengah.

Kompetisi OBA sendiri diadakan sebagai wujud apresiasi terhadap kemampuan bahasa Arab dan pemahaman budaya Arab dari para pelajar madrasah di seluruh Indonesia.

Dibimbing oleh Fatimatus Zahro dan Putri Nur Oviyanti, tiga siswa yang berlaga pada ajang tersebut menunjukkan dedikasi dan kerja keras yang luar biasa dalam mengasah kemampuan bahasa Arab mereka. “Dalam kompetisi ini mereka berhasil menunjukkan keahlian yang mengesankan. Penguasaan bahasa Arab mereka, baik dalam hal tata bahasa, kosa kata, maupun pemahaman terhadap konteks pertanyaan, telah mengantarkan salah satu dari mereka meraih juara kedua.” Ungkap Zahro ditemui di ruang guru, Senin pagi (21/08).

Keberhasilan Fauziah A’idatun Nurul Aeni yang duduk di kelas 8 ini juga menggambarkan pentingnya pendidikan berbahasa Arab di lingkungan madrasah. Selain aspek keagamaan, penguasaan bahasa Arab juga menjadi modal berharga dalam mengakses berbagai literatur dan ilmu pengetahuan dalam dunia Arab.

Ia berharap, kemenangan ini dapat menjadi inspirasi bagi siswa-siswi lainnya untuk lebih giat belajar bahasa Arab dan memahami budaya Arab. “Melalui prestasi ini, para siswa juga diajak untuk terus mengembangkan minat dalam mempelajari bahasa asing dan mengambil peran aktif dalam memperkuat hubungan budaya antara Indonesia dan dunia Arab.” Tandasnya.

Untuk diketahui, babak penyisihan Olimpiade Bahasa Arab (OBA) ke-6 tingkat kabupaten/kota ini dilaksanakan pada Sabtu (12/8) secara daring di masing-masing satuan pendidikan, dan hasil pengumuman dirilis pada Sabtu (19/8). Selanjutnya pelaksanaan OBA tingkat provinsi akan dilaksanakan pada Sabtu (9/9). (akb/bd)