SITA DANA CEPAT Milik MAN 1 Kudus Lolos Grandfinal MYRES Nasional 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Jakarta (Humas) – “SITA DANA CEPAT” inovasi keren milik Zada Rizqiya Syabana Attaqa dan Fatikha Nafisal Mughni siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kudus berhasil masuk dalam grandfinal Madrasah Young Researchers Super Camp (MYRES) Nasional Tahun 2022 bidang Matematika, Sains dan Pengembangan Teknologi (MST). Gelaran expo hasil riset MYRES Nasional dilaksanakan di ruang serba guna 2, Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Pusat. Berlangsung selama 3 hari yakni pad 10-12 Oktober 2022.

Tim riset Zada dan Fatikha dibimbing oleh Nurul Khotimah. Mereka berdua siswi kelas XI MIPA 8. Judul penelitian karya inovatifnya yaitu “SITA DANA CEPAT yang berarti Sintesis Komposit Serat Abaca terhadap Kekuatan Bahan Carbon Fiber Pesawat Terbang”.

Zada dan Fatikha mengaku sangat bahagia ketika mendapat kabar bahwa hasil riset miliknya masuk dalam grandfinal MYRES Nasional Tahun 2022.

“Ini semua berkat usaha keras serta bimbingan dari Ibu Nurul. Kami melakukan riset selama 2 bulan pada Agustus hingga September. Dikerjakan di Laboratorium IPA MAN 1 Kudus, Laboratorium Material di Universitas Diponegoro Semarang dan Laboratorium Badan Riset dan Inovasi Nasional,” tutur Zada.

“Diawali dengan isolasi carbon dari pelepah pisang, lalu pembuatan kandidat serat abaca, sistetis komposit carbon fiber dan diakhiri dengan pengujian dan analisis data. Dilakukan pengujian Fourier Transform Infra Red (FITR), X-Ray Diffraction (XRD), Tensile Test, Hardness Test dan Anatomic Force Microscopy (AFM). Kami berharap riset yang kami lakukan dapat berguna bagi kehidupan masyarakat dan dapat mengharumkan Madrasah Jawa Tengah dikancah nasional,” imbuh Fatikha.

Kepala MAN 1 Kudus Taufik berharap supaya Zada dan Fathika senantiasa diberikan kelancaran dan kesuksesan. Dirinya juga berharap supaya siswinya dapat memotivasi Madrasah lainnya yang berada di Kudus.

“Semoga MAN 1 Kudus diberikan kemudahan, kelancaran dan kesuksesan, khususnya untuk Tim unggulan Riset SIP (Science and Innovation Program) yang akan mengikuti Grand final MYRES Kementerian Agama RI tahun 2022. Mohon doa restunya selalu untuk MAN 1 Kudus sehingga bisa meraih prestasi demi prestasi kedepannya, aamiin,” tutur Taufik. (ps/rf)