Sofia Nur “Keluarga Adalah Kakuatan Utama Suksesnya Program Nasional”

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Kankemenag Kota Magelang selenggarakan Bimbingan Perkawinan (Binwin) Calon pengantin (Catin) pra nikah bagi Catin selama 2 hari sejak kemaren di RM Joglo Pancuran Pitoe Kelurahan Kramat Utara Kecamatan Magelang Utara.

Dihari kedua ini (Kamis,21/7) Kepala Kantor Kota Magelang dalam pemaparannya mengatakan bahwa keluarga adalah kekuatan utama dalam menyukseskan program nasional kedepan. Keluarga merupakan tempat persemaian generasi muda yang akan menjadi pemimpin masa depan. Menurutnya pula, moderasi beragama akan tumbuh dan berkembang dengan baik bilamana terbina secara dini disetiap pasangan suami isteri.

“Keluarga yang memiliki ketahanan kuat, selalu menjalani delapan fungsi utama keluarga. Pertama adalah fungsi keagamaan yaitu dengan memberi panutan yang baik dalam ibadah dan perilaku kepada anak. Lainnya adalah fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosial dan pendidikan, ekonomi dan pembinaan lingkungan,” tegas Sofia Nur.

“Selain itu keluarga akan menjadi persemaian nilai-nilai moderasi beragama secara dini bagi generasi mendatang. Jika setiap pasangan suami isteri telah mengimplementasikannya, secara otomatis akan melahirkan generasi penerus yang memahami dan memiliki sikap moderat,” terangnya kemudian kepada peserta Binwin.

Kementerian Agama berperan penting dan strategis dalam meletakkan dasar-dasar pemahaman  lahirnya keluarga Sakinah. Disamping itu memiliki pula tanggungjawab menempatkan moderasi beragama sebagai perilaku keseharian di masyarakat untuk menjaga keutuhan NKRI.

Binwin Catin Pra Nikah ini bertujuan untuk pasangan yang akan membangun rumah tangga baru. Tentunya mereka perlu bekal sejak dini dalam merencanakan progam keluarga, baik berupa jangka pendek, menengah, maupun panjang. Agar rencana tersebut dapat terwujud mestinya diperlukan adanya pengertian, komunikasi dan kerjasama antara suami dan istri.(Hari/rf).