Sosialisasi EMIS Pontren

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB. PEKALONGAN, (HUMAS) — Jum’at, (13/10/2023) Kepala Seksi PD Pontren, H. Sujud membuka secara resmi acara Pembinaan Aplikasi EMIS bagi Operator LPQ dan FKDT Kecamatan Karanganyar. Kegiatan tersebut dilaksanakan di TPQ Al Asyari 03, desa Karangsari, Kec. Karanganyar, Kab. Pekalongan.

Dalam sambutannya, H. Sujud mengatakan bahwa Aplikasi EMIS saat ini bukan hanya untuk Lembaga formal seperti Madrasah dan Perguruan Tinggi Agama saja, namun Lembaga non formal LPQ, MDT dan Ponpes juga diharuskan untuk mengisi data tersebut. Melalui Aplikasi EMIS nantinya bisa tersaji secara akurat Data Profil Lembaga, Jumlah Ustadz, Jumlah Santri, Rombongan Belajar, Tanah dan Bangunan yang dimiliki.

Oleh karena itu para operator bisa mengisi Data tersebut dengan benar, sesuai data pendukung yang ada. H. Sujud juga mengharapkan agar sebelum bulan Desember 2023, semua Lembaga sudah bisa cetak BAP Emis, yang dijadikan syarat utama dalam pengajuan Bantuan di Kementerian Agama Republik Indonesia.
Sementara H. Mustaqim sebagai Narasumber kegiatan tersebut, menjelaskan secara detail menu-menu yang ada dalam Aplikasi EMIS versi 4.0, yaitu :
a. Bagaimana cara memasukkan username dan password
b. Menu pada Dashboard EMIS beserta sub menunya
c. Menu Data Tanah dan Bangunankasi
d. Menu Data Pengajar
e. Menu Data Santri
f. Menu Jumlah Kelas dan Rombongan Belajar

Mustaqim juga mengingatkan agar pengisian data ini sudah selesai di akhir bulan Oktober ini. Mengingat akhir Nopember nanti, aplikasi akan low respon akibat penumpukan pengguna Aplikasi yang akan melengkapi data dan mendownload BAP EMIS. (MZM/MTb/bd)