Supervisi Administrasi Guru Sebagai Upaya Wujudkan Proses Belajar Inovatif

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Melakukan penilaian dan pembinaan dengan melaksanakan fungsi supervisi, baik supervisi akademik maupun supervisi manajerial menjadi  tugas pokok pengawas. Hari ini Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP,SMA/SMK) Kota Magelang,  Salamun melakukan supervisi administrasi guru PAI  di SMA Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual), (Selasa, 22/8).

Menurut pengawas yang juga aktif juga sebagai pengurus  koordinator Majelis Dikdasmen PDM Kota Magelang itu, menyatakan bahwa pengawasan yang dilakukan saat ini adalah masa transisi dari masa pandemi Covid-19. Maka dokumen yang yang periksa adalah administrasi Pembelajaran guru PAI meliputi jadwal pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), nilai hasil belajar, daftar hadir siswa dan jurnal kegiatan harian.

“Jadwal pembelajaran yang diperiksa adalah jadwal saat masih kondisi normal. Untuk RPP adalah yang  semester gasal tahun pembelajaran 2022/ 2023 kelas 11 dan 12  yang diampunya. Dan pelaksanaan Kurikulum Merdeka untuk kelas 10, modul ajar mata pelajaran PAI yang di buat oleh guru, dan Untuk nilai hasil belajar mengecek yang sudah berlangsung, yaitu nilai semester genap tahun pembelajaran 2021/ 2022,” ungkap Salamun

“Khusus untuk jurnal kegiatan harian cukup mencetak dan sesuai dengan apa yang sudah dibuat”  imbuhnya.

Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual), Icuk Salabiyati menyambut baik dengan mengatakan “Saya sampaikan kepada bapak ibu guru PAI  agar mempersiapkan administrasi sedini mungkin. Dan alhamdulillah, karena administrasi yang dilihat lebih simpel sedikit sekali kekurangannya. Saya berharap hal ini akan memacu semangat mengabdi untuk negeri khususnya peserta didik,” tandas Icuk. (Hari/rf).