Tim ALDI MTs NU Banat Kudus Raih Emas di Ajang Internasional

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas) – Madrasah Jawa Tengah kembali memperlebar sayap prestasinya di mata dunia. Tim riset MTs NU Banat Kudus berhasil menyabet medali emas pada ajang kompetisi Indonesia International IoT Olympiad 2022 di Universitas Muria Kudus (UMK), Jawa Tengah, pada 21—23 Mei 2022 lalu.

Tim Aldi (Alzheimer Demensia)  beranggotakan Aisha Kamila Gussaldy, Najwa Rusyda Kamila, dan Keisya Kanya Juniara itu. Tim hebat ini meneliti tentang penyakit alzheimer dan berhasil membuat aplikasi untuk deteksi dini alzheimer demensia.

“Tujuan riset kami dan aplikasi yang kami buat adalah memberikan informasi tentang penyakit alzheimer demensia, cara pencegahan, dan konsultasi dengan dokter,” kata Aisha Kamila Gussaldy, salah satu anggota tim riset, Kamis (26/5).

Penyakit alzheimer adalah penyakit otak yang menyebabkan penurunan daya ingat serta kemampuan berpikir. Tujuan dibuatnya aplikasi tersebut adalah untuk membantu masyarakat supaya lebih memahami tentang penyakit alzheimer lebih dini dan lebih dalam.

“Pengguna aplikasi juga akan bisa terhubung dengan para dokter. Mereka bisa berkonsultasi dengan dokter itu jika menghendaki,”  imbuh Aisha.

Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad sampaikan rasa syukur dan bangganya kepada para juara.

“Keberhasilan ini pastinya tak terlepas dari kerja keras para siswa dan guru pembimbing yang selalu memberikan pendampingan dan arahan kepada siswa,” tutur Kakanwil, Jumat (27/5).

“Alhamdulillah, jangan lelah, semoga jadi berkah,” pungkasnya. (ps/rf)