081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Tim Asessor BAN-S/M Prov. Jateng Visitasi Madrasah Di Kab. Pekalongan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,- Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) Provinsi Jawa Tengah, melaksanakan visitasi akreditasi sekolah/madrasah di beberapa MTs di Kabupaten Pekalongan, diantaranya di wilayah Kecamatan Kedungwuni terdiri atas MTs Salafiyah Syafi’iyah Proto dan MTs Al Hikmah Proto; Kecamatan Wiradesa MTs Salafiyah Wiradesa Kadipaten serta di Doro ada MTs Syarif Hidayah Doro.

Pelaksanaan Visitasi berlangsung beberapa hari, diantaranya yakni dimulai pada Senin (27/03/2023) dan Selasa (28/03/2023). Pelaksanaanya dimulai dari pukul 07.00 WIB s.d pukul 15.00 WIB.Tim Asesor BAN-S/M Provinsi Jawa Tengah yang ditugaskan untuk melaksanakan visitasi akreditasi di madrasah tersebut yang masing-masing terdiri dari 2 (dua) orang.

Ketika tiba di MTs Salafiyah Syafiiyah Proto dan MTs Salafiyah Wiradesa, mereka disambut dengan pembacaan solawat oleh siswa siswinya. Untuk keperluan responden penggalian data, seluruh Pendidik dan Tenaga Kependidikan/Tata Usaha diminta untuk hadir.

Begitupun dengan pihak Komite Madrasah, perwakilan orang tua, perwakilan peserta didik dan 4 (empat) komponen yang akan diperiksa. “Adapun maksud kedatangan kami di sini yakni untuk Asesmen Kecukupan DIA melalui Sispena-S/M, Visitasi ke sekolah/madrasah, Menggali data dan informasi yang sesuai dengan penilaian akreditasi. Memberikan nilai sesuai perangkat akreditasi. Menyusun laporan hasil visitasi. Menyusun rekomendasi dan menyampaikan laporan hasil dan rekomendasi dalam bentuk salinan cetak dan salinan digital kepada BAN-S/M Provinsi,” ungkap para asesor diakhir arahannya.

Tim asessor didampingi Kepala Madrasah dan Tenaga pendidik, melakukan observasi kelas dengan melakukan penilaian apakah guru sudah menerapkan proses kegiatan belajar mengajar sesuai dengan perangkat pembelajaran yang telah dibuat. Selanjutnya, tim asesor melakukan pengamatan, wawancara, verifikasi dan validasi data ke perpustakaan serta sarana pendukung lainnya.

Setelah melakukan verifikasi, tim asesor melakukan pertemuan dengan warga Madrasah. Pertemuan tersebut untuk mengklarifikasi berbagai temuan penting atau ketidaksesuaian yang sangat signifikan antara fakta dengan data evalusi diri.

Hasil visitasi dapat menentukan format perhitungan/skoring untuk mendapatkan peringkat akreditasi. Apakah memperoleh peringkat A+, peringkat A, atau peringkat B, bahkan peringkat C.

Sementara itu, Kasi Penma Kankemenag Kab. Pekalongan Bapak Gunawan, SH meminta agar dalam visitasi tersebut dapat diberikan bimbingan agar kedepannya dapat bekerja dengan baik. “Kehadiran tim asessor ini sangat berguna bagi kami semua, utamanya dalam rangka untuk meningkatkan pendidikan dan mengevaluasi diri. Untuk itu kami mohon bimbingannya agar selalu memberikan pelayanan terbaik kepada para peserta didik,” harapnya (Kindro/MTb/bd)