Toleransi Ciptakan Persatuan dan Kesatuan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang selenggarakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 77 secara indoor di Gedung Serba Guna komplek Kemenag Kabupaten Magelang pada Rabu, (17/08/2022). Penyelenggaraan dilakukan secara indoor dikarenakan adanya pembangunan gedung PLHUT.

Sesuai dengan ketentuan dari kementerian Agama RI tentang pakaian yang dikenakan dalam pelaksanaan upacara peringatan hari kemerdekaan RI ke 77, peserta upacara Kemenag Kabupaten Magelang baik ASN maupun non ASN mengenakan pakaian adat. Hal tersebut terkait dengan pencanangan tahun 2022 menjadi Tahun Toleransi.

Pakaian yang dikenakan peserta upacara dalam HUT Kemerdekaan RI ke 77 membawa peserta upacara dan masyarakat mengetahui serta menghargai berbagai pakaian adat dari daerah lain. Dengan saling mengenal dan mengetahui kebudayaan daerah lain akan memunculkan dan menimbulkan rasa menghargai dan  mencintai serta melestarikan budaya Indonesia. Hal tersebut diharapkan munculnya rasa toleransi yang tinggi di masyarakat.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Khoironi Hadi sebagai Inspektur Upacara menyampaikan sambutan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. “Jangan Sekali kali melupakan sejarah, sejarah adalah tauladan lengkap, kacabenggala besar bagi kita,” kata Ganjar mengungkapkan betapa banyak tokoh yang berasal dari berbagai suku, agama dan ras dengan berbagai pemikiran yang berbeda dapat melebur menjadi satu demi kerukunan.

Dalam kesempatan tersebut Ganjar juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Jawa Tengah yang selama ini guyup rukun, saling ngajeni dan handarbeni sehingga bisa seneng dan hidup gayeng. Ganjar berharap, masyarakat bisa menyebarkan rasa dan sikap tersebut kemana saja dan kepada siapa saja dan menjadi energi positif yang memberikan pengaruh baik sehingga dapat meraih kemerdekaan yang sesungguhnya.

Upacara yang mengangkat tema ”Pulih Lebih cepat, Bangkit Lebih Kuat”  berlangsung dengan khidmat. Upacara ditutup dengan doa oleh Kasi Bimas Islam, Ahmad Musa. Kemudian dilanjutkan prosesi Penyerahan Penghargaan Satyalancana kepada 72 ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang. (FS/Sua)