Uji Kompetensi Calon Kepala KUA Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Semarang (Humas) – Upaya menyiapkan SDM Kepala KUA Kecamatan, Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah melalui Bidang Urais menyelenggarakan “Uji Kompetensi Calon Kepala KUA” yang dilaksanakan pada dua hari, Rabu s.d. Kamis (12-13/07/23). Bertempat di Hotel Candi Indah Semarang, dan diikuti sejumlah 80 orang Penghulu dari Kankemenag kabupaten/kota se Jawa Tengah.
Dalam laporannya, Rohmad selaku ketua panitia menyampaikan bahwa kegiatan ini menindaklanjuti PMA Nomor 1 Tahun 2020 tentang uji kompetensi bagi Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama.
“Kegiatan ini bertujuan menyiapkan calon Kepala KUA kecamatan yang memenuhi syarat kompetensi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Adapun output dalam kegiatan ini adalah tersedianya SDM calon Kepala KUA yang memenuhi standar yang telah ditentukan,” jelas Rohmad.
Kepala Bagian Tata Usaha yang mewakili Kakanwil Kemenag Prov. Jateng dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam upaya menyiapkan SDM Kepala KUA, diperlukan uji kompetensi sehingga dapat diperoleh calon Kepala KUA yang kompeten serta dipandang cakap dan mampu sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
“Adapun uji kompetensi ini untuk mengukur kompetensi calon Kepala KUA yang memenuhi kompetensi meliputi kompetensi manajerial, kompetensi teknis dan kompetensi sosio kultural,” ucap Wahid Arbani.
Proses layanan yang diberikan kepada masyarakat saat ini menuntut khususnya di KUA memberikan layanan terbaiknya. “Hal itu menjadikan tantangan, ekspektasi dan challenge dalam peningkatan layanan publik walaupun dengan keterbatasan SDM yang ada,” ujarnya.
Harapan Kabag TU adalah dengan adanya rangkaian proses uji kompetensi ini diperoleh calon kepala KUA yang kompeten, berintegritas, dan berkomitmen dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.(Sua/Rf)