Ujian Akhir Berstandar Nasional Madrasah Diniyah Takmiliyah Awalyah (UABN MDTA) Tingkat Kabupaten Pekalongan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,- Mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, H. Sujud, menghadiri sekaligus membuka secara simbolis pelaksanaan Ujian Akhir Berstandar Nasional Madrasah Diniyah Takmiliyah Awalyah (UABN MDTA) Tingkat Kabupaten Pekalongan yang bertempat di  Madrasah Diniyah Hidayatul Mutaallimin, Desa Jajarwayang, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan. Pada Senin, (20/02/2023)

Dalam sambutannya, H. Sujud mengatakan bahwa Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) adalah wajah masa depan Islam Indonesia. Karena di Madrasah Diniyah inilah para santri digembleng, dididik untuk mempelajari 7 (tujuh) mapel agama yakni Alqur’an, Hadits, Aqidah, Akhlaq, Fiqh, SKI/Tarikh, dan Bahasa Arab yang saat ini diujikan. “ Ujian ini dimaksudkan sebagai alat ukur kualitas para Santri Madrasah Diniyah dan bisa mempunyai ijazah resmi yang diakui negara. “ujarnya.

Sementara itu Ikhwanudin selaku Ketua Panitia Pelaksana UABN MDTA mengatakan bahwa Ujian ini dilaksanakan serentak di masing-masing kecamatan mulai tanggal 20 sampai 25 Pebruari 2023,  diikuti oleh 1.578 peserta, dengan rincian sebagai berikut, Kecamatan Karangdadap 202 peserta

Kecamatan Bojong 183 peserta

Kecamatan Kesesi 150 peserta

Kecamatan Tirto 150 peserta

Kecamatan Talun 141 peserta

Kecamatan Siwalan 129 peserta

Kecamatan Doro 116 peserta

Kecamatan Kedungwuni 115  peserta

Kecamatan Wonopringgp 109 peserta

Kecamatan Wiradesa 67 peserta

Kecamatan Kajen 58 peserta

Kecamatan Wonokerto 42 peserta

Kecamatan Buaran 62 peserta

Kecamatan Kandangserang 40 peserta

Kecamatan Karanganyar 20 peserta

(Zaenal/MTb/bd)