Upacara Bendera HUT RI ke-78 Dirayakan dengan Khidmat di MAN 1 Wonosobo

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonosobo – 17 Agustus 2023 – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78 dengan suatu upacara bendera yang penuh khidmat di lingkungan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Wonosobo. Acara tersebut dihadiri oleh seluruh ASN Kantor Kementerian Agama (KanKemenag) Kabupaten Wonosobo, serta siswa, guru, dan staf MAN 1 Wonosobo.

Pada upacara tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo, H. Panut, bertindak sebagai pembina upacara. Suasana semarak dan patriotik terasa saat bendera Merah Putih berkibar dengan gagah di tengah-tengah warga yang hadir.

Tak hanya sebagai momentum peringatan kemerdekaan, acara ini juga menjadi panggung penghargaan bagi sepuluh ASN Kementerian Agama Wonosobo yang telah memberikan kontribusi luar biasa. Sebagai penghormatan atas dedikasi mereka, para ASN tersebut menerima Satya Lencana Presiden yang diserahkan secara simbolis oleh H. Panut.

Rangkaian upacara ini juga menunjukkan semangat persatuan dan kesatuan, seiring dengan partisipasi aktif dari seluruh ASN Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo, siswa, guru, dan staf MAN 1 Wonosobo yang ikut serta dalam merayakan hari bersejarah ini. Semangat nasionalisme tampak begitu kental melalui penampilan mereka yang mengenakan pakaian Adat Kebudayaan Indonesia.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo, H. Panut, selain menyampaikan pidato Menteri Agama dalam pidatonya menyampaikan, “Kita mengingatkan diri kita sendiri betapa berharganya kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan. Semoga semangat dan tekad mereka menginspirasi kita untuk terus menjaga Moderasi Beragama danĀ  membangun Indonesia yang lebih baik.”

Semua peserta upacara, baik dari kalangan ASN Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo maupun dari MAN 1 Wonosobo, sepakat bahwa perayaan ini bukan hanya sekadar upacara formal, tetapi juga merupakan bentuk penghormatan terhadap sejarah dan nilai-nilai perjuangan bangsa.

Dengan semangat kebersamaan dan rasa cinta tanah air, perayaan HUT RI ke-78 ini memberikan pesan kuat bahwa keragaman yang ada di Kabupaten Wonosobo akan tetap menjadi sumber kekuatan untuk mewujudkan cita-cita bangsa.(Ps-ws/Sua)