Wujudkan Masyarakat Taat Beragama, Farid Lakukan Pembinaan Kec. Watumalang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonosobo – Meningkatkan kualitas pemahaman dan pengamalan ajaran agama pada masyarakat menjadi salah satu perhatian penting yang harus di fokuskan oleh seluruh ASN lingkungan Kankemenag Kab. Wonosobo, hal tersebut disampaikan oleh Ahmad Farid selaku Kakankemenag Kab. Wonosobo saat singgah di Kantor Urusan Agama (KUA) Kec. Watumalang pada Rabu, (24/3).

Dalam kesempatan tersebut Kakankemenag sampaikan peranan strategis untuk berinteraksi dengan masyarakat dimiliki oleh KUA Kecamatan, lebih lagi oleh Penyuluh Agama dan penghulu. Peran strategis yang dimiliki diharapkan mampu dimanfaatkan secara optimal dalam kaitannya penyampaian informasi keagamaan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pemahaman dan pengamalan ajaran agama pada masyarakat. “Kenapa ASN Kankemenag di Kecamatan dirasa lebih memiliki peran strategis? Karena ASN di kecamatan dianggap memiliki kedekatan yang lebih dengan masyarakat dibandingkan dengan yang lain. Terutama penghulu dan penyuluh yang memang harus berkomunikasi dengan masyarakat secara langsung,” jelas Ahmad Farid.

Ia menyebutkan bahwa dengan bekal kedekatan tersebut akan lebih mudah untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Lantas, dengan peranan tersebut ditegaskan untuk penyuluh maupun jajaran kankemenag dapat menyampaikan terkait moderasi beragama guna menciptakan nuansa yang harmonis ditengah masyarakat yang taat akan ajaran agama.

Hal lain pihaknya sebutkan, tujuan untuk mewujudkan masyarakat taat beragama bukan hal yang remeh lantaran hal tesebut harus dilakukan dengan bersinggungan langsung dengan pola pikir dan pembentukan SDM atau mainset masyarakat. “Jika program yang dicanangkan adalah pembangunan dalam bentuk fisik, ketersediaan anggaran dan tenaga akan mampu menjawabnya dengan mudah. Tetapi jika program yang akan dilakukan bersinggungan dengan pola pikir dan mainset masyarakat, butuh kerja ekstra dan telaten untuk merubah cara berfikir tersebut,” ungkap Farid.

Terlebih lagi hal tersebut akan bersinggungan dengan keyakinan dan ketaatan yang sangat beragam dan hal tersebut lebih dianggap sensitif. Pendekatan dengan cara yang halus, telaten, dan tidak tergesa-gesa dirasa mampu menjawab tantangan tersebut.

Usai menyimak arahan dan pembinaan yang dikalukan oleh Kakankemenag Kab. Wonosobo, Yazid Widodo selaku Kepala KUA Kec. Watumalang menyampaikan ucapak terimakasih atas berkenannya Kakankemenag Kab. Wonosobo bersedia singgah dan memberikan arahan kepada jajaran KUA. “Terimakasih atas arahan Bapak kepala Kankemenag yang sudah meluangkan waktu untuk memotivasi dan membimbing jajaran KUA Kec. Watumalang, semoga bimbingan tersebut dapat diserap oleh seluruh jajaran KUA dan dapat menunjang kinerja jajaran KUA,” ungkapnya

Sebelumnya, pada hari yang sama Kakankemenag Kab. Wonosobo sebelum mampir ke KUA Kec. Watumalang, terlebih dahulu mengisi kegiatan pembinaan perkawinan yang diselenggaraakan oleh Seksi Bimas Islam. Ps-ws/qq