Ziarah Bersama Ke Makam Bupati Pertama Pekalongan, Pangeran Mandurorejo

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kab. Pekalongan – Kepala Kankemenag Kabupaten Pekalongan, Drs. H. Sukarno, M.M ikut serta bersama rombongan Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, SE MM dan Wakil Bupati H. Riswadi SH beserta isteri dan Ketua DPRD Dra Hj. Hindun, MH berziarah ke Makam Bupati Pertama Pekalongan, Pangeran Mandurorejo, di Kaliwungu, Kendal, Selasa (23/8/2022) sore.

Bupati tampak didampingi sang suami, Mochtarudin Ashraf Abu saat ziarah. Bupati juga didampingi Sekda, staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda, para Kepala OPD dan Kepala Bagian Setda Kabupaten Pekalongan serta keluarga besar Pemkab Pekalongan.

Hadir pula perwakilan dari Polres dan Kodim 0710 Pekalongan, Kejaksaan, Ketua MUI Kabupaten Pekalongan, dan para kiai. Juga ahli waris dan keturunan Pangeran Mandurorejo.

Saat ziarah, bupati dan rombongan memanjatkan do’a dan melakukan tabur bunga di makam almarhum Adipati Mandurorejo.

Dalam sambutannya, Bupati Fadia Arafiq mengatakan, ziarah dilakukan secara rutin setiap tahun sebagai rangkaian Hari Jadi Kabupaten Pekalongan, termasuk Hari Jadi ke-400 tahun ini.

“Saat Hari Jadi Kabupaten Pekalongan, kami selalu hadiir bersama-sama untuk ziarah ke makam pahlawan kita, pahlawan dari Kabupaten Pekalongan,” tutur Bupati Fadia.

Tahun ini merupakan kali kedua Bupati Fadia Arafiq ziarah ke makam Pangeran Mandurorejo.

Dia mengatakan, ziarah yang dilakukan sebagai wujud rasa hornat dan cinta kepada almarhum Pangeran Mandurorejo yang merupakan Bupati Pekalongan yang pertama.

“Ini sebagai wujud rasa hormat, cinta kami, rasa bangga kami terhadap bupati pertama di Kabupaten pekalongan,” ungkap Fadia.

Dia berharap ziarah bisa terus dilakukan secara rutin. “Mudah-mudahan ziarah ini bisa terus kita laksanakan setap tahunnya. Dan bupati pertama kita ini lebih diketahui oleh anak cucu kita. Khususnya anak-anak Kabupaten Pekalongan agar tahu siapa bupati pertama kita,” ujarnya. (Pro/Ant/bd).