Edukatif dan Rekreatif Ala JAMRAN

Ungaran – Pendidikan kepramukaan tak lain bertujuan untuk menanamkan dan menumbuhkan budi pekerti luhur dengan cara memantapkan mental, moral, fisik, pengetahuan keterampilan dan pengalaman melalui berbagai kegiatan.

Demikian ungkapan pertama yang disampaikan Kakankemenag Kab.Semarang Muhdi saat membuka kegiatan Jambore Ranting Madrasah Ibtidaiyah (JAMRAN MI) se-Kecamatan Suruh di Lapangan Baru Desa Krandonlor Suruh, Jum’at (20/10) sore.

Kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Kepala Madrasah Ibtidaiyah (KKKMI) Kecamatan Suruh ini dilaksanakan selama tiga hari hingga Minggu (22/10).

Lebih jauh Muhdi mengungkapkan bahwa semakin sering kita mengikuti kegiatan pramuka, maka akan semakin banyak pula pengalaman yang didapat utamanya dalam hal melatih kedisiplinan, kemandirian dan semangat gotong-royong.

“Banyak hal yang dapat kita pelajari dengan pramuka. Karena selain edukatif dan menantang, kegiatan pramuka juga bersifat rekreatif,” ungkap Muhdi.

Untuk itu kepada segenap peserta dan panitia kegiatan, Muhdi menghimbau untuk saling tolong menolong dan bekerja sama mensukseskan semua agenda yang sudah dijadwalkan.

“Kiranya para peserta dan panitia mampu bekerjasama demi kelancaran dan kesuksesan kegiatan, agar pulang nanti membawa kenangan yang mengesankan,” lanjutnya.

Sementara itu dari laporan ketua panitia kegiatan Arif Rahmanul Hakim, setidaknya ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan selama JAMRAN berlangsung meliputi: penjelajahan/hiking, pembekalan dan pemantapan materi kepramukaan, lomba-lomba keterampilan kepramukaan, outdoor games, diskusi kelompok dan api unggun.

Adapun untuk jumlah peserta, Arif juga menginformasikan bahwa kegiatan JAMRAN MI se-Kecamatan Suruh tahun 2017 ini diikuti oleh 20 barung atau sekitar 200 siwa.

Arif berharap agar kegiatan ini dimaknai sebagai hal positif yang terus bisa diselenggarakan tiap tahun demi membekali siswa dengan pengalaman baru di bidang kepramukaan.

“Semoga kegiatan ini mampu memupuk rasa saling menghargai dan meningkatkan etos kerjasama diantara para siswa,” pungkasnya. (shl/gt)