Kakankemenag Banjarnegara Monitoring UNBK Perdana

Banjarnegara – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau Computer Based Test (CBT) di mana sistem pelaksanaan ujian nasional menggunakan komputer tingkat SMP/MTs di  Kabupaten Banjarnegara hari ini perdana di gelar.

Mekanisme Penyelenggaraan UNBK yang terlaksana saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Hasil ujian dikirim kembali dari server lokal/ sekolah ke server pusat secara online.

Kepala Kantor Kementerian Agama  Kabupaten  Banjarnegara, Masdiro hari ini (02/05)  monitoring pelaksanaan UNBK di SMK Panca Bhakti Sokanandi-Banjarnegara untuk pelaksanaan siswa-siswi dari MTsN 2 Banjarnegara yang berjumlah 268 peserta. Tempat pelaksanaan bersama dengan peserta dari SMPN 1 Madukara (180 siswa)  dan MTs Andalusia (5 siswa).

Untuk kali pertama ini MTsN 2 Banjarnegara kondisi masih menginduk/mitra dengan  SMK Panca  Bhakti yang memiliki sarana dan prasarana sesuai  untuk syarat UNBK.  “Harapan semoga tahun depan bisa mengadakan secara mandiri, khususnya satker negeri  seperti MTsN 2 yang dari segi siswa  sudah dan kondisi memungkinkan” jelas  Masdiro saat monev kepada wartawan.

“Dari simulasi 3 kali di adakan di MTs N  2, berjalan sukses dan lancar. Semoga dalam UNBK  bisa sukses pula,” harap Kakankemenag.

Dari informasi Kepala SMK Panca Bhakti Agus Supartono selaku tuan rumah pelaksana UNBK, bahwa ruangan yang digunakan sebanyak 7  ruang  dengan  total  454  peserta dilakukan sebanyak 3 sesion  setiap harinya. Tidak ketinggalan backup  server dan komputer juga tersedia secara lengkap.

Dengan didampingi Kepala MTsN 2 Banjarnegara, Kepala SMPN 1 Madukara dan Kepala SMK Pancabakti kondisi pelaksanaan UNBK hari ini pertama di nilai lancar dan tidak  ada kendala.(Nangim/Af)