Kegiatan MTQ Menjadi Tolak Ukur Dinamika Aktifitas Pembinaan Seni Baca Al Qur’an

Wonogiri – Wakil Bupati Wonogiri, Edi Santosa, SH membuka secara resmi Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Pelajar dan  Umum tingkat Kabupaten Wonogiri Tahun 2018 di Pendopo Rumah Dinas Dinas Bupati Wonogiri, Kamis (09/08), turut hadir jajaran Forkompinda,  Kepala SKPD, Kepala Kankemenag beserta jajaran, Dewan hakim MTQ,  Camat dan Kepala KUA se Kabupaten Wonogiri serta di ikuti 25 kafilah/ kecamatan.

Dalam pembukaannya Wakil Bupati Wonogiri menyampaikan bahwa penyelenggaraan MTQ senantiasa diarahkan pada upaya menumbuhkan kecintaan dan menggairahkan masyarakat untuk senantiasa mempelajari dan memahami Al Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman hidup paripurna umat manusia. Kegiatan musabaqah ini dapat menjadi tolak ukur dinamika aktifitas pembinaan seni baca Al Qur’an yang berlangsung.

Pemkab Wonogiri menurut Edi Santosa memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas pelaksanaan MTQ Pelajar dan Umum di Kabupaten Wonogiri. Hal itu merupakan upaya nyata memotivasi cinta Alquran, membangun generasi yang Qur'ani yang senantiasa beriman dan bertaqwa, dan mempertebal rasa cinta kita kepada Allah SWT.

“Jika kita cermati, dari waktu ke waktu dalam penyelenggaraan MTQ tidak ada lagi dominasi dari satu wilayah tertentu sebagai pemenang. Kontingen terbaik muncul secara bergantian dari wilayah Kabupaten Wonogiri,” sebut Wabup.

Wakil Bupati Edi Santosa menambahkan bahwa MTQ merupakan kegiatan yang telah mentradisi dan melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa kita. Kehadiran MTQ senantiasa memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam kehidupan masyarakat, mengingat even keagamaan ini selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah.

Sedangkan Plt. Kepala Kankemenag Wonogiri, Ihsan Muhadi berpesan kepada semua para dewan hakim untuk menekankan sportif dan objektif dalam memberikan penilaian mengingat yang di nilai adalah adalah bacaan kalam Ilahi, Jadikan dan bumikan nilai-nilai Al Qur’an dalam semua kehidupan.

Mengingat MTQ merupakan pekerjaan kita bersama sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas dan ketaatan beragama, maka berbicara peningkatan kualitas kehidupan beragama maka hal ini merupakan tanggung jawab kita bersama.

Adapun cabang MTQ akan memperlombakan Tartil TK/BA/RA, Tartil SD/MI, Tartil SMP/MTs, Tartil SMA/SMK/MA,  Tilawah SD/MI, Tilawah SMP/MTs, Tilawah SMA/SMK/MA, Tilawah Anak, Tilawah Remaja, Tilawah Dewasa Tilawah dan Tahfidz 1-5 juz SMP dan SMA. (Mursid & Heri/Wul)