Meningkatkan Rasa Cinta Tanah Air melalui PORSADIN

Purworejo – Kantor Kementerian Agama Kab. Purworejo melalui Seksi PAKIS (Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam) menyelenggarakan Pekan olahraga dan seni antar santi diniyah (Porsadin). Ajang kompetisi olahraga dan seni bagi santri Madrasah diniyah tersebut dilaksanakan pada kamis (25/05) di kompleks Kantor Kemenag Purworejo, yang diikuti lebih dari 500 peserta dari madrasah diniyah se-Kab. Purworejo.

Acara dibuka secara resmi oleh Bupati Purwororejo yang diwakili oleh Kasi Kesra, Marzuki. Dalam sambutannya bupati menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas diselenggarakannya Porsadin tingkat Kab. Purworejo.

“Dengan porsadin semoga dapat meningkatkan kepribadian pelajar yang berkarakter serta merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas pendidikan bangsa dan menanamkan cinta tanah air kepada generasi muda sehingga dapar memperkokoh NKRI” terang Bupati dalam pidato sambutannya.

“ajang ini merupakan media dan sarana evaluasi, mengukur potensi dan prestasi. Mudah-mudahan melalui ajang ini dapat terpilih seniman muslim yang terbaik yang akan mewakili purworejo ke jenjang yang lebih tinggi.” Tambahnya.

Herman Susilo, panitia kegiatan tersebut menyampaikan, tema yang diusung kali ini adalah cinta tanah air, dengan mengambil tema tersebut diharapkan dapat meningkatkan cinta tanah air bagi generasi muda sehingga memperkokoh persatuan dan kesatuan demi menjaga keutuhan NKRRI di tengah maraknya isu sara dan radikalisme.

Dalam porsadin kali ini  terdapat 21 cabang lomba yang terdiri dari tahfid juz amma pa dan pi, Pidato Bahasa arab pa dan pi, pidato bahasa indonesia pa dan pi, murotal pa dan pi, puisi islam pa dan pi, MQK pa dan pi, MTQ pa dan pi, Tahfidz Aqidatul Awwam pa dan pi, kaligrafi pa dan pi, cerdas cermat,  lari pa dan pi. Dari seluruh cabang yang dilombakan diambil 3 terbaik, NantinyajJuara pertama berhak ikut dalam Porsadin tingkat Prov. Jawa Tengah yang akan diselenggarakan di wonosobo. (nuxon/af)