MTsN Salatiga Gelar Akhirrusanah Dan Pelepasan kelas IX

Salatiga – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Salatiga menggelar acara akhirrusanah dan pelepasan kelas IX, mengakhiri masa pendidikannya, sebanyak 263 siswa MTsN Salatiga melaksanakan acara akhirrusanah dan pelepasan di halaman madrasah, Senin (28/05). Hadir pada kesempatan itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, Kepala MTsN, Komite MTsN dan segenap orang tua murid dan siswa kelas kelas IX.

Muhdhafir Kepala MTsN mengatakan, siswa kelas IX yang dilepas kali ini sebanyak 263 siswa, yang dalam waktu dekat akan mengetahui hasil kelulusan. Dirinya berharap, siswa-siswi MTsN Salatiga bisa lulus seratus persen, dan bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Menurutnya, dalam pelaksanaan UN beberapa waktu yang lalu, siswanya tidak mengalami kendala yang berarti dalam mengerjakan soal, karena sebelumnya pihaknya telah mempersiapkan siswanya dengan matang untuk menghadapi UN.

“Pada tahun ini hasil UN siswa-siswi MTsN Salatiga rata-rata mengalami kenaikan sangat signifikan pada setiap mata pelajaran yang di-UN-kan dan UMABN-kan,” kata Muhdhafir.

“Selanjutnya MTsN memiliki tantangan yang berat untuk kedepannya, karena prestasi yang sudah ada harus terus ditingkatkan lagi,” imbuhnya.

Kepala Kantor Kemenag, Fahrudin, memberikan apresiasi yang tinggi kepada MTsN Salatiga, yang memiliki semangat untuk mengembangkan sekolah dengan maksimal. Kata Fahrudin. “Wisuda dan perpisahan ini bukanlah akhir dari perjalanan pendidikan bagi anak-anak didik sekalian dalam menuntut ilmu. Tetapi ini adalah langkah awal untuk meraih cita-cita dan harapan yang lebih tinggi lagi. Oleh karena itu, raih dan gapailah cita-cita tersebut tanpa harus meninggalkan identitas keislaman di jenjang pendidikan yang lebih tinggi,” tegas Fahrudin.

Ditambahkan, lulusan madrasah harus mempunyai kemampuan yang lebih dalam agama dibandingkan lulusan sekolah umum, maka siswa madrasah harus mempunyai kepekaan terhadap ibadah, misalnya ada adzan, ya segera bersiap-siap untuk salat.

“MTsN Salatiga supaya terus meningkatkan mutu dan prestasinya, dan kepada siswa-siswi kelas IX, untuk tidak puas belajar dijenjang MTs saja, namum bisa menuntut ilmu pengetahuan yang lebih luas di jenjang pendidikan yang lebih tinggi,” tambahnya.

Dalam acara pelepasan tersebut dimeriahkan dengan berbagai kreatifitas siswa-siswi, seperti paduan suara, baca puisi, seni drama, seni musik dan dilanjutkan puncak acara pengalungan samir yang langsung diserahkan oleh Kepala Madrasah. “Selamat jalan siswa-siswi kelas IX, jalanmu masih panjang dan berliku, tekun dan tegarlah menyomgsong masa depanmu,” pungkasnya.(KK-Mnc/gt)