Pengayaan Kurikulum PAI

Pengayaan Kurikulum PAI

Demak, dalam rangka mengimplementasikan arahan RPJM tersebut dalam sub-sektor Pendidikan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan akan fokus pada visinya lima tahun mendatang, yaitu “terwujudnya Pendidikan Islam yang unggul, berkualitas, moderat, inklusif, responsive dan menjadi rujukan dunia.” Salah satu upaya strategis yang dilakukan adalah menyelenggarakan pendidikan agama islam berbasis tafaqquh fil al-din yang menjunjung tinggi akar tradisi dan kearifan lokal, dengan mengedepankan nilai keislaman rahmatan lil alamin melalui pembelajaran yang efektif, kreatif dan dialogis untuk mewujudkan karakter peserta didik yang beriman, bertakwa, toleran, dan progresif, hal ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Demak Ahmad Samsudin pada Acara Pengayaan pembelajaran dan Penilaian Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Rabu 25 April 2018 di Hotel Amantis Demak.

Samsudin mengatakan Kegiatan Pengayaan Pembelajaran Kurikulum PAI memiliki arti penting dan strategi di dalam menapaki Dinamika Reformasi dan perkembangan Teknologi yang bergerak dengan cepat sesuai tuntutan dan Perkembangan aspirasi Masyarakat Global dan untuk meningkatkan Profesionalisme Guru sehingga terwujud hasil Pembelajaran yang berkualitas di bidang Pendidikan Agama Islam khususnya dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam K13 di Kabupaten Demak ini.

Lebih lanjut Samsudin mengatakan seorang guru dapat meningkatkan kinerjanya, menambah wawasan dan memahami pemahaman kompetensi sehingga Guru PAI benar benar menjadi guru yang Profesional, dalam arti guru PAI yang dikatakan Profesional tidak hanya menguasai aspek kognitif (wawasan yang luas, menguasai metode pengajaran dan sebagainya) namun juga mereka harusmenguasai efektif (jujur, adil, bertanggung jawab, mampu menjadi teladan yang baik bagi murid-muridnya dan sebagainya) dan Psikomotorik (giat bekerja, disiplin dan tepat waktu) serta meningkatkan mutu kualitas guru PAI itu sendiri.

Sedang Kasi PAIS Kemenag Kab. Demak. Azhar Wibowo selaku panitia melaporkan bahwa kegiatan ini diikuti 50 peserta dari Guru PAI S se Kab. Demak, Azhar menambahkan bahwa kegiatan tersebut bertujuan mengembangkan kurikulum baru dengan memperbaiki kualitas pendidikan dan menciptakan kualitas penerus Bangsa yang bermutu.

Adapun tujuan berikutnya memberikan pemahaman pembelajaran berbasis Kurikulum dan terakhir menyamakan Visi Misi pengembangan pembelajaran dan penilaian PAI Kurikulum 13 dan untuk menambahkan kreatifitas guru dalam kegiatan belajar.